Banyak yang sudah lama berjualan, promosi, bahkan memberikan diskon besar-besaran di marketplace, tetapi selalu mengalami kendala, mulai dari traffic toko sepi, hingga pembeli tidak ada yang konversi. Nah, hal ini bisa jadi dikarenakan ada beberapa poin yang terlewat ketika optimasi SEO di marketplace.

SEO marketplace adalah optimasi yang kita lakukan pada toko kita di marketplace tertentu agar saat calon pembeli mengetikkan nama produk yang mereka inginkan, maka produk kita muncul di urutan pencarian teratas. Cara kerjanya mirip dengan mesin pencari google, dimana pengguna perlu mengetikkan kata kunci atau keyword pencarian. Sesuai dengan dengan keyword tersebut, marketplace akan menampilkan sejumlah rekomendasi produk yang dicari calon pembeli sesuai kata kunci yang ditulis.

Agar kamu bisa meningkatkan penjualan di marketplace, yuk simak tips-tips di bawah ini:

Riset Keyword

Judul produk adalah hal terpenting untuk diperhatikan. Jika kamu mempromosikan produk mu di marketplace, pastikan kalau judul yang kamu pakai adalah keyword yang banyak dicari orang.

Nah, sebelum menentukan dan menulis judul, ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu mengenai kata apa yang banyak dicari orang, tapi tetap unik dan relevan dengan produk mu.

Benefit Produk

Judul merupakan fokus utama konsumen mengklik sebuah produk, maka kamu harus menyusun judul yang menarik dan memberikan keunggulan produk tersebut. Misalnya, jika kamu menjual sepatu, maka kamu bisa gunakan magic word seperti “termurah, terbaik, asli, import” dan lain sebagainya untuk menarik konsumen untuk melihat dan membeli produk mu.

Gambar dan Kategori yang Sesuai

Selain judul, gambar produk juga menjadi highlight penting dalam memasarkan dan mempromosikan produk mu. Gambar produk harus terlihat real, menarik, dan yang terpenting menggambarkan judul produk. Selain itu, kategori produk mu juga haruslah sesuai dengan produk mu, karena algoritma marketplace menempatkan produk sesuai dengan kategorinya. Jadi, kalau kamu menjual gelang wanita, kamu harus masukkan produk tersebut ke dalam kategori aksesoris.

Nah, selain ketiga poin diatas, kamu juga harus selalu ingat poin utama dalam memasarkan dan mempromosikan produk mu di marketplace, yaitu kualitas dari produk mu sendiri! Selain itu, kamu juga bisa cari USP dari produk mu dan menyematkan link online shop mu di media sosial kamu.

Dengan teknik SEO yang tepat, produk dan toko online mu akan lebih mudah ditemukan oleh pelanggan serta dapat memaksimalkan traffic toko mu.