Banyak dari kita menggunakan sosial media hanya sekedar untuk hiburan yang melepas penat sejenak. Namun, kini banyak yang bisa dilakukan melalui sosial media. Salah satunya adalah berbisnis. Sosial media dianggap komponen penting sebagai sarana dalam mempromosikan dan memasarkan produk, layanan, atau jasa yang kita jual. Banyak dari kita juga sudah terbiasa menggunakannya secara rutin demi mendukung performa bisnis.

Tapi apakah cara yang kita terapkan selama ini sudah efektif? Apakah cara promosi yang kita lakukan bisa meningkatkan penjualan? Atau malah membuat penjualan kita jadi menurun? Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana cara yang tepat dalam menggunakan sosial media dalam berbisnis agar bisa dikatakan optimal. Yuk, kita simak tips-tips berikut!

1. Lengkapi Profil Media Sosial

Ini merupakan langkah awal untuk membuat bisnis atau bahkan produk mu dikenal! Kamu bisa membangun brand awareness melalui tampilan di media sosial. Meskipun tampilan ini hanya dilihat sebentar, namun dengan tampilan yang baik dan ciri khas, bisa membuat akun mu terlihat berbeda dari akun lainnya. Sehingga akun mu bisa lebih mudah diingat oleh orang bahkan bisa membuat orang penasaran dengan produk kamu!

Maka dari itu, kamu harus melengkapi profil media sosial yang mendasar seperti foto profil akun, bio akun, alamat toko, nomor telepon, situs e-commerce, dan lain sebagainya.

2. Fokus Pada Beberapa Platform Saja

Jika kamu ingin mengoptimalkan akun media sosial yang dikelola, maka fokuslah pada satu atau beberapa platform saja. Kamu tidak perlu memiliki akun untuk semua jenis platform media sosial!

Kamu harus mengetahui karakteristik dari produk mu dan mencocokannya dengan segmentasi audiens yang menjadi target audiens mu, sehingga kamu bisa tahu audiens mu lebih banyak menggunakan platform media sosial yang mana.

3. Gunakan CTA pada Media Sosial

CTA (Call-To-Action) sangat disarankan untuk diterapkan dalam konten-konten media sosial, di mana CTA sendiri merupakan sebuah ajakan untuk melakukan suatu tindakan yang kamu inginkan. Ketika menggunakan CTA, ada baiknya kamu tidak secara langsung memberitahu calon konsumen terkait langkah berikutnya. Misalnya, jika kamu ingin calon konsumen untuk mengunjungi situs e-commerce mu, maka kamu dapat menggunakan kalimat seperti:

“klik di sini untuk informasi lebih lanjut!”

“download sekarang juga!”

“shop now!”

Dengan demikian, calon konsumen yang penasaran dengan produk mu tidak akan merasa seperti mereka dipaksa untuk mengklik link yang kamu sediakan atau untuk membeli produk mu.

4. Manfaatkan Iklan Berbayar (Ads)

Dengan memasang iklan di tempat atau situs strategis lainnya memungkinkan akun media sosialmu dikunjungi oleh lebih banyak orang dan dengan begitu semakin banyak pula orang yang akan melirik produk, layanan, atau jasa yang kamu jual!

Salah satu iklan berbayar yang dinilai sangat ampuh untuk meningkatkan pengunjung website adalah Instagram Ads. Ada beberapa iklan dari Instagram Ads yang cukup populer, diantaranya:

  • Story Ads: jika kamu menggunakan jenis ini, iklan kamu akan muncul pada fitur story selayaknya story biasa. Melalui Story Ads, iklan mu dapat dilihat oleh banyak orang, mulai dari followers maupun non-followers!
  • Carousel Ads: iklan jenis ini merupakan iklan berupa gambar atau video lebih dari satu yang ditempatkan di postingan mu. Iklan ini memungkinkan audiens untuk menggeser postingan mu, sehingga kamu bisa menaruh lebih dari 1 konten di dalamnya.
  • Canvas Story Ads: iklan jenis ini berupa video dengan durasi singkat yang dilengkapi dengan fitur swipe up, di mana audiens dapat dengan mudah mengunjungi website mu.
5. Rajin Mendengarkan Konsumen

Dalam dunia bisnis, terutama yang dilakukan secara online, mendengarkan konsumen adalah hal nomor 1 yang harus selalu diperhatikan! Jika kamu menerima kritik dan keluhan dari konsumen, kamu harus jadikan itu sebagai pengingat untuk memastikan dan meninjau kritik dan keluhan tersebut. Tidak semua kritikan dan keluhan konsumen adalah hal yang buruk. Melalui kritikan dan keluhan yang diungkapkan oleh konsumen kamu dapat meningkatkan dan kualitas pengoptimalan produk mu.

Jika kamu mengalami kesulitan dalam memasarkan bisnis atau produk mu, kamu bisa coba konsultasikan ke SevenAds Indonesia secara GRATIS melalui e-mail ke [email protected]