Biar bisa menang dalam persaingan bisnis, sebuah brand harus bikin produk atau jasanya punya identitas yang stand out melalui branding. Agar orang bisa mengenali identitas brand, perlu ada strategi yang tepat, salah satunya dengan memanfaatkan brand touchpoint. Apa tuh?

Tentang Brand Touchpoint

Brand touchpoint adalah momen di mana konsumen berinteraksi dengan sebuah brand. Dengan adanya ini, konsumen bisa berinteraksi dengan apapun yang ada di dalam brand, seperti penggunaan produk, iklan, pegawai, lingkungan, toko, dan lain-lain. Interaksi yang dimaksud di sini bisa berupa komunikasi secara langsung maupun tidak langsung. Dari interaksi yang baik dan positif, customer journey yang dialami akan ikut baik serta bisa meningkatkan loyalitas dan preferensi pelanggan.

Sepenting Itukah?

Yes, brand touchpoint sepenting itu untuk sebuah brand. Hal itu karena brand touchpoint adalah satu faktor yang paling menentukan masa depan sebuah brand. Gimana nggak, semua interaksi yang dialami pelanggan bisa bikin mereka menyimpulkan bagus enggaknya brand yang bersangkutan. Jadi, makin baik pengalaman dan interaksi yang dialami pelanggan, makin baik pula masa depan brand.

Media Buat Brand Touchpoint

  • Digital: merancang website brand, develop aplikasi khusus brand, dan membuat akun media sosial brand
  • In-store: kebersihan toko, utamakan SOP untuk semua karyawan, dan fasilitas-fasilitas yang jarang dimiliki kompetitor (tempat bermain anak, smoking room, parkir gratis, dsb).
  • Iklan: billboard, brosur, dsb.

Contoh Brand dengan Brand Touchpoint

Tokopedia

Tokopedia konsisten banget dengan tagline “Mulai Aja Dulu,” mulai dari iklan televisi, billboard, cinema, Youtube Ads, hingga pakaian pegawai. Penggunaan brand touchpoint yang konsisten oleh Tokopedia ini bikin calon pelanggan justru tertarik untuk mulai berwirausaha dengan berjualan. Hasilnya, banyak banget yang mulai berwirausaha melalui Tokopedia.

Apple

Apple nih pinter banget kalau soal brand touchpoint. Lihat aja toko Apple. Sederhana, bersih, nggak banyak aksesoris, tapi berasa banget hi-tech vibe. Nggak cuma dari pemandangannya, pegawainya pun tau betul soal produk-produknya. Pelanggan juga dibolehin buat coba langsung produk-produknya. Hal-hal ini udah ngasih kesan kalau Apple terbuka dan jujur serta ngebolehin pelanggan yang mau coba sendiri pakai produknya tanpa kewajiban buat beli.

Sekarang kebayang dong seberapa penting dan krusialnya brand touchpoint buat sebuah brand. Karena ini adalah cara-cara untuk memikat hati pelanggan, pemilik brand nggak boleh asal-asalan! Daripada ngasal tapi salah, konsultasi aja sama SevenAds! SevenAds bisa bantu kamu buat bikin brand touchpoint, terutama di bidang digital presence. Yuk konsultasi di [email protected] atau cek website SevenAds untuk info lebih lanjut ya!