Hayo, siapa yang suka nggak sabar nungguin “tanggal kembar” karena mau check out banyak barang dari keranjang e-commerce nya? Tapi kamu tau nggak kalo asal muasal Harbolnas di tanggal kembar tuh dari mana? Yuk, baca artikel ini lebih lanjut!

Hari Jomblo di China?!

Haha, iya! Sebenernya, salah satu tanggal kembar yang sekarang jadi Harbolnas adalah hari yang dikhususkan untuk para jomblo di China! Pada tahun 1993, empat mahasiswa di Nanjing ini sepakat buat ngerayain “Anti-Valentine’s Day” tanggal 11 November. Alasan kenapa mereka pilih tanggal itu karena angka 1 dalam tanggal 11.11 berarti mereka berdiri sendiri namun berdampingan.

Bikin Campaign Untuk Singles’ Day

Pada tahun 2009, perusahaan e-commerce asal China, Alibaba, bikin Hari Jomblo ini jadi hari khusus belanja besar-besaran. Tajuk yang mereka bawakan adalah “Buy for Yourself on Singles’ Day,” yang ngajakin orang-orang di Cina untuk belanja demi self reward. Gokilnya, campaign 11.11 ini bikin Alibaba dapet penjualan kotor sekitar Rp74,1 miliar sesuai estimasi kurs di tahun itu!

Malah Makin Laku!

Udah sesukses itu pas tahun 2009, campaign Singles’ Day milik Alibaba malah makin sukses lagi. Dengan upgrade yang nggak main-main, mulai dari diskon besar-besaran hingga kolaborasi bareng selebriti, penjualan Singles’ Day ini makin tumbuh sampai sepuluh ribu kali dalam empat belas tahun. Tahun 2018, Singles’ Day Alibaba sukses dapet penjualan sebanyak Rp 14,5 triliun dalam 85 detik dan Rp145 triliun dalam satu jam pertama!

Mulai Banyak yang Ikutan

Ngeliat Alibaba bisa sesukses itu, banyak e-commerce yang mulai mengadaptasi sistem ini. Contoh aja Lazada yang bisa menjual 6,5 juta item selama Singles’ Day tahun 2017. Sejak itu, 11.11 makin populer dan jadi hari belanja berskala global. Menurut data di tahun 2023, 11.11 ini resmi jadi hari belanja dengan hasil penjualan terbesar di dunia. Gilanya, hasil penjualan di tanggal ini ngelebihin rekor penjualan selama Black Friday!

Ada Banyak Hari Belanja Populer

Nggak cuma 11.11, ada banyak banget hari belanja yang populer di tiap belahan dunia.

  • Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang dilaksanakan di Indonesia dan dipelopori oleh Lazada dan asosiasi e-commerce tahun 2012.
  • Green Monday yang digelar tiap Senin kedua pada bulan Desember.
  • Amazon Prime Day, hari penjualan terbesar di Amazon, biasanya digelar pada pertengahan Juli selama 48 jam.
  • Valentine’s Day, Mother’s Day, dan Father’s Day juga suka ada promosi besar-besaran khusus buat kamu yang berburu hadiah spesial.
  • Black Friday adalah hari belanja besar setelah Thanksgiving.
  • Back-to-School biasanya digelar pada bulan Juli-Agustus untuk mempersiapkan kebutuhan sekolah.

Mencengangkan, bukan? Ternyata asal mula Harbolnas yang kita tunggu-tunggu itu dari Hari Jomblo! Efek domino dari Hari Jomblo itu pun nggak main-main. Bisnis kamu juga mau ikutan ngerasain Harbolnas? SevenAds bisa bantu kamu perihal pembuatan campaign untuk Harbolnas lho! Langsung aja konsultasi via email [email protected] atau cek di website SevenAds untuk informasi lebih lanjut ya! Omong-omong, kamu udah tau mau check out apa nanti?