Jangan membuat strategi marketing asal jadi! Kamu harus pahami objektif dan goals yang ingin dituju dengan memahami marketing funnel!

Marketing funnel terdiri dari beberapa tahap atau level yang dibagi berdasarkan tingkat kesediaan calon customer untuk membeli produk atau layanan bisnis kamu. Pahami marketing funnel adalah langkah penting dalam merancang strategi pemasaran yang efektif.

Marketing funnel terdiri dari 4 tahap utama, yaitu Awareness, Interest, Desire, dan Action (AIDA). Tahap-tahap tersebut akan membantu kamu dalam memahami proses yang dilakukan prospek sebelum melakukan pembelian. Berikut penjelasan detail mengenai tahap-tahap dalam marketing funnel:

Awareness

Tahap pertama dalam marketing funnel adalah Awareness. Pada tahap ini, calon customer mengetahui adanya produk atau layanan kamu. Mereka mungkin tidak memiliki minat yang kuat pada produk atau layanan kamu, namun mereka sudah mulai mengenal merek kamu.

Pada tahap ini, penting untuk memberikan informasi dasar tentang produk atau layanan kamu, agar prospek dapat memahami dan mengetahui keunggulan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Interest

Pada tahap Interest, calon customer mulai menunjukkan minat pada produk atau layanan kamu. Mereka mungkin telah mencari informasi lebih lanjut tentang produk atau layanan kamu dan mengevaluasi apakah produk atau layanan kamu dapat memenuhi kebutuhan mereka. Pada tahap ini, kamu harus memastikan bahwa informasi yang diberikan tentang produk atau layanan kamu cukup detail dan menarik perhatian prospek.

Desire

Selanjutnya, tahap Desire. Calon customer sudah mengetahui dan tertarik pada produk atau layanan kamu. Mereka mungkin sudah mencari tahu lebih lanjut tentang produk atau layanan kamu, dan mempertimbangkan apakah produk atau layanan kamu cocok dengan kebutuhan mereka. Pada tahap ini, kamu harus memastikan bahwa produk atau layanan kamu memiliki keunggulan yang jelas dan menarik, dan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan prospek.

Action

Tahap terakhir, Action. Calon customer sudah siap untuk melakukan tindakan, yaitu membeli produk atau layanan kamu. Pada tahap ini, penting untuk memudahkan prospek untuk melakukan pembelian, dan memberikan informasi yang jelas tentang cara melakukan pembelian atau pemesanan produk atau layanan kamu. Nah, itu dia marketing funnel yang umum digunakan oleh para marketer. Jadi sebelum kamu menentukkan strategi marketing yang cocok untuk merek kamu, pastikan kamu tentukan terlebih dahulu funnel mana yang ingin kamu jadikan goals/objektif.

Jika kamu kesulitan dalam menentukan strategi marketing yang cocok untuk merek kamu, coba konsultasikan ke SevenAds Indonesia secara GRATIS melalui e-mail ke [email protected] ! SevenAds dapat membantu kebutuhan strategi marketing yang cocok untuk merek kamu.