Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan kampanye periklanan, salah satunya dengan menggunakan jingle iklan. Dalam beberapa dekade terakhir, jingle iklan sudah banyak digunakan oleh brand-brand dalam upaya meningkatkan brand awareness. Jingle iklan adalah sebuah musik pendek yang dibuat khusus untuk iklan dan biasanya memiliki lirik yang mudah diingat, berulang-ulang, dan melody yang enak didengar. Media yang biasa digunakan untuk penyebaran jingle iklan bisa ditemukan pada media umum seperti televisi, radio, bahkan saat ini sudah memasuki media daring. Tujuan dari dibuatnya jingle iklan ini tidak lain adalah untuk menarik perhatian target audiens dan meningkatkan kesadaran terhadap merek dan produk atau jasa yang dipasarkan.

Jingle iklan merupakan lagu dengan durasi yang pendek digunakan untuk menyampaikan pesan singkat atau slogan, dibentuk dalam musik dan lirik yang menyenangkan dan menghibur. Pesan yang disampaikan melalui jingle iklan yang terdengar menyenangkan dan menghibur ini, diharapkan dapat memasuki pikiran pendengar dan akhirnya dalam kurun waktu tertentu setelah pendengar diterpa jingle iklan, mereka menjadi selalu ingat dengan brand yang membuat jingle tersebut.

Manfaat Jingle Iklan untuk Promosi

Beberapa manfaat bisa kamu dapatkan jika menggunakan jingle iklan sebagai cara untuk kampanye periklanan brand kamu, diantaranya:

Memperkuat Identitas Merek

Jingle yang menarik dengan musik, lirik, dan melodi yang mudah diingat akan membuat pendengar selalu terngiang dan terbawa untuk mengikuti atau menyanyikan liriknya saat mendengar jingle tersebut, bahkan disaat mereka tidak mendengar secara langsung atau dengan hanya melihat produk atau jasa suatu brand saja. Jingle akan memberikan kesan yang kuat pada konsumen bahkan sekalipun jika kampanye periklanan yang dilakukan sudah berakhir.

Meningkatkan Daya Ingat Iklan

Jingle iklan yang baik, bisa membantu meningkatkan daya ingat iklan pada target audiens. Lirik dan musik yang mudah diingat dapat membantu konsumen untuk lebih mudah mengingat iklan dan merek yang dipromosikan. Hal ini menjadi acuan yang penting untuk memastikan bahwa kampanye iklan yang dilakukan sudah mencapai tujuannya dalam membangun brand awareness dan memperluas jangkauan konsumen.

Meningkatkan Efektivitas Kampanye Periklanan

Jingle iklan yang berhasil dapat membantu brand untuk membedakan identitasnya dengan kompetitor lain, serta meningkatkan brand awareness di kalangan konsumen. Selain itu, biaya untuk melakukan kampanye periklanan akan lebih efektif dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama. Semakin menarik dan mudah didengar, jingle akan selalu melekat di benak konsumen.

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Konsumen akan cenderung lebih mempercayai brand yang mereka kenali dan diingat dengan baik. Konsistensi dalam melakukan periklanan dengan jingle dapat membangun kepercayaan dan hubungan antara brand dengan konsumen.

Nah, itu dia pembahasan mengenai jingle iklan untuk promosi brand kamu! Jika kamu membutuhkan bantuan atau konsultasi mengenai kampanye periklanan, kamu bisa menghubungi SevenAds Indonesia untuk berkonsultasi lebih lanjut melalui email ke [email protected] atau langsung klik contact kami di website kami!