Membuat campaign dalam pemasaran melalui media sosial merupakan salah satu hal penting yang dilakukan oleh marketers. Alasannya, karena melalui media sosial, brand tersebut dapat berkomunikasi secara dua arah dengan para audiensnya, sehingga mencapai beragam hal objektif yang dibutuhkan demi mengembangkan bisnis.

Namun agar mengetahui apakah campaign marketing melalui media sosial

tersebut berjalan efektif atau tidak, maka para marketers harus bisa mengukur kesuksesannya. Lalu bagaimana cara mengukur keberhasilannya?

Ada dua tipe menentukan keberhasilan campaign dalam pemasaran di social media!

1. Ongoing Analytics

Ongoing analytics berguna bagi brand agar selalu dapat mengikuti perkembangan dan pembicaraan audiens di media sosial. Contohnya seperti Google Trend, Tiktok Trend Center dan Sprout Social. Dengan begitu kita dapat mengetahui bagaimana tanggapan masyarakat terhadap campaign yang dijalankan.

2. Campaign-Focused Metrics

Campaign-Focused Metrics merupakan hal yang berguna bagi brand dalam memahami dampak dari campaign marketing yang dilakukan. Dengan melakukan metode ini, membuat para marketers dapat mengetahui apakah campaign yang mereka jalankan tersebut berhasil mencapai target yang telah ditentukan atau tidak.

Dan agar brand kamu dapat mengukur secara efektif keberhasilan dari campaign marketing yang dijalankan, maka mereka perlu untuk menggabungkan kedua metode pengukuran ini.

Tentunya Ada beberapa Tips yang dapat kamu terapkan untuk mengukur Matriks Brandmu:

Menentukan tujuan yang ingin dicapai

Sebelum memulai segala aktivitas campaign marketing lewat media sosial, sebaiknya brand lebih dahulu menentukan tujuan-tujuan apa yang ingin dicapai. Misalnya, apakah ingin meningkatkan brand awareness, Engagement ? Atau, mendorong penjualan produk ?

Menentukan dan Melakukan pengukuran

Setelah menentukan tujuan, langkah berikutnya adalah menentukan keberhasilan pencapaian objektif.

Sebagai contoh:

Apabila ingin mengetahui tingkat awareness, maka brand tersebut bisa menggunakan pengukuran seperti pertumbuhan jumlah pengikut (followers). jangkauan konten di media social (reach), dan jumlah penonton konten di media social (views).

Dalam melakukan pengukuran ini, brand dapat melihatnya dengan analytics tools yang telah disediakan secara gratis oleh masing-masing platform media sosial yang digunakan.

Melakukan pengawasan dan pelaporan

Setelah itu, hal yang perlu dilakukan oleh brand dalam mengukur efektivitas campaign pemasaran ini adalah dengan rutin melakukan pengawasan dan pelaporan.

Ada dua hal penting yang harus terjawab atau disajikan pada laporan tersebut, yaitu:

  • Bagaimana hasil pengukuran pada laporan tersebut dibandingkan dengan target yang ingin dicapai?
  • Bagaimana hasil pengukuran pada laporan tersebut dibandingkan dengan hasil pengukuran kompetitor?

Tentunya kamu perlu sesuaikan lagi dengan kebutuhan brand kamu, adapun kamu juga perlu tentukan objektif yang bisa brand kamu capai baru kemudian menentukan langkah - langkah dalam campaign kamu. Jika kamu memiliki kesulitan dalam mengukur campaign kamu bisa coba konsultasi bersama SevenAds Indonesia melalui email ke [email protected] atau langsung klik contact kami di website kami!