Dalam dunia marketing, campaign yang berhasil tergantung dari banyak faktor, salah satunya adalah pemilihan objektif yang tepat. Objektif merupakan tujuan yang ingin dicapai melalui campaign, dan pemilihan objektif yang tepat sangat penting untuk mencapai hasil yang diinginkan. Dalam artikel ini, akan dijelaskan mengenai pengertian objektif dalam campaign, jenis-jenis objektif, dan bagaimana memilih objektif yang tepat untuk campaignmu.

Pengertian Objektif dalam Campaign

Objektif dalam campaign adalah tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan atau brand melalui kampanye pemasaran yang dilakukan. Dalam menentukan objektif, perusahaan perlu mempertimbangkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang ingin dicapai melalui kampanye pemasaran tersebut.

Jenis-Jenis Objektif dalam Campaign


Awareness

Objektif awareness bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang brand atau produk yang ditawarkan. Contohnya, campaign iklan televisi untuk produk baru, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang produk tersebut di kalangan masyarakat.

Engagement

Objektif engagement bertujuan untuk menghasilkan interaksi antara brand dan audiens. Contohnya, campaign media sosial yang mendorong audiens untuk berpartisipasi dalam kontes foto atau video, dengan hadiah menarik bagi pemenang.

Conversion

Objektif conversion bertujuan untuk meningkatkan jumlah penjualan atau konversi yang terjadi. Contohnya, campaign iklan online yang mengarahkan audiens untuk membeli produk melalui situs web atau aplikasi.

Retention

Objektif retention bertujuan untuk mempertahankan pelanggan dan membuat mereka tetap loyal terhadap brand atau produk. Contohnya, program loyalitas yang memberikan hadiah atau diskon kepada pelanggan setia.

Advocacy

Objektif advocacy bertujuan untuk membuat audiens menjadi brand ambassador dan mengajak orang lain untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Contohnya, campaign referensi yang memberikan hadiah atau diskon kepada pelanggan yang berhasil mereferensikan produk kepada orang lain.

Tentunya kamu perlu sesuaikan lagi dengan kebutuhan brand kamu, adapun kamu juga perlu tentukan objektif yang bisa brand kamu capai baru kemudian menentukan langkah - langkah dalam campaign kamu. Jika kamu memiliki kesulitan dalam membuat campaign kamu bisa coba konsultasi bersama SevenAds Indonesia melalui email ke [email protected] atau langsung klik contact kami di website kami!