Mengenal E-WOM: Mendorong Perkembangan Pengaruh Opini Online

Siapa sih yang brandnya ga mau dikenal banyak orang? Apalagi dengan citra yang bagus pastinya mau dong, kali ini kamu harus kenalan dengan E-WOM, singkatnya E-WOM adalah kegiatan interaksi masyarakat yang ngomongin tentang brand kamu. E-WOM adalah konsep yang muncul dari efek word-of-mouth tradisional di dunia nyata, namun, dalam konteks online. Artikel ini akan menjelaskan apa itu E-WOM dan mengapa ia memiliki peran penting dalam mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dan perkembangan bisnis.

E-WOM biasanya berupa kegiatan berbagi informasi, pendapat, dan rekomendasi tentang produk, merek, atau layanan melalui platform online seperti media sosial, blog, forum diskusi, dan ulasan online. E-WOM juga berperan penting bagi sebuah brand karena dapat berisi, evaluasi, kritik serta saran dari audiens kepada brand.

Dalam E-WOM, audiens berperan sebagai "pemakai" dan "pemberi" informasi. Mereka dapat dengan mudah membagikan pengalaman positif atau negatif mereka, memberikan ulasan, memberikan rekomendasi, atau mengungkapkan kekecewaan mereka melalui berbagai platform online atau social media mereka. Sehingga pengaruh E-WOM dapat sangat kuat, karena orang cenderung mempercayai pendapat dan pengalaman orang lain sebanyak mereka mempercayai rekomendasi dari teman atau keluarga.

Sehingga penting sekali mengetahui apa yang masyarakat luas bicarakan tentang brand kamu di social media, apakah sentimen yang negatif ? atau positif? Pastinya kita menginginkan pembicaraan yang baik - baik. Maka dari hal tersebut E-WOM membantu brand kita menjadi lebih baik lagi sehingga menjadi brand yang dikenal positif oleh audiens. Berikut manfaat jika brand kamu memilik E-WOM yang baik dimata audiens :

Meningkatkan Kesadaran Merek

Melalui E-WOM, brand dapat dengan cepat mendapatkan eksposur yang lebih besar di kalangan konsumen potensial. Ulasan positif dan rekomendasi dari pengguna dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan menarik perhatian calon konsumen.

Meningkatkan Kepercayaan dan Reputasi

E-WOM dapat membantu membangun kepercayaan dan reputasi brand. Ulasan positif yang konsisten dari pengguna dapat memberikan keyakinan kepada konsumen potensial bahwa brand tersebut dapat diandalkan dan memberikan kualitas yang baik.

Dukungan Pelanggan 

E-WOM memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi secara langsung dengan brand dan memberikan umpan balik. Mereka dapat memberikan saran, mengajukan pertanyaan, atau menyampaikan keluhan mereka. Respons yang baik dari brand dalam menangani E-WOM dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat hubungan dengan mereka.

Meningkatkan Penjualan:

Pengaruh E-WOM yang positif dapat berdampak langsung pada peningkatan penjualan. Ulasan dan rekomendasi yang kuat dari pengguna yang puas dapat mendorong konsumen lain untuk memilih produk atau layanan yang sama.

Kesimpulannya adalah E-WOM sangat berperan penting di era serba digital ini, dengan kemampuannya mempengaruhi pandangan audiens mengenai brand kamu, kamu bisa memanfaatkan E-WOM sebagai alat untuk mengembakan bisnis kamu. Jika kamu mengalami kesulitan dalam mengembangkan social media brand kamu, kamu bisa konsultasikan bersama kami. Yuk coba konsultasi bersama SevenAds Indonesia melalui email ke [email protected] atau langsung klik contact kami di website kami!