Mau mulai bisnis itu memang butuh banyak banget ilmu biar meminimalisasi kegagalan di awal. Nah, salah satu cara buat ngejalanin strategi dan bedakan diri dari kompetitor, kamu butuh the golden circle. Belum tau? Cek selengkapnya ya!
Apa Itu Golden Circle?
Jadi, golden circle adalah sebuah teknik yang nggak cuma bisa digunakan buat cari tujuan dan motivasi pribadi, tapi juga bisa buat cari tujuan dari suatu bisnis. Buat bisnis, golden circle bisa bantu untuk menemukan keinginan pelanggan serta manfaat dan nilai yang bisa bisnis kamu tawar ke mereka. Golden circle ini digambarkan dengan 3 lingkaran terfokus, dan masing-masing lingkaran merepresentasikan aspek yang berbeda dari diferensiasi pasar.
3 Pilar
- What: layanan atau produk yang ditawarkan oleh bisnis kamu.
- How: tahapan bisnis kamu membuat layanan atau produk yang sesuai dengan pasar dan pelanggan.
- Why: penjabaran tujuan, sebab, serta kepercayaan pada bisnis kamu. Ini juga alasan bisnis kamu lahir.
Meskipun dalam gambar lingkaran golden circle urutan dari tengah ke luar adalah what, how, dan why, Simon Sinek menyarankan untuk mulai dari why terlebih dahulu. Dengan begitu, tujuan yang sudah kamu susun itu bisa jadi dorongan pada pelanggan untuk mendukung tujuan bisnis kamu.
Penerapan Golden Circle dalam Brand Marketing
Brand mission (why)
Sebagai catatan, bagian ini nggak termasuk memperhitungkan finansial dan keuntungan secara umum dan luas. Lebih tepatnya, brand mission ini berupa penyelesaian masalah dan/atau isu yang dialami pelanggan secara luas. Kalau kamu udah tau masalah dan isu itu, kamu bisa rancang brand mission dengan positif biar hubungan dengan pelanggan terasa lebih personal.
Brand character (how)
Kalau tujuan dan misinya sudah ditentukan, kamu bisa langsung cari tau soal kebiasaan pelanggan kamu biar arah bisnis kamu nanti searah dengan tujuan yang mau dicapai. Kalau bisnis kamu punya misi dan tujuan yang selaras dengan strategi serta kebiasaannya, bisnis kamu bisa tampak lebih autentik dan memberikan kesan yang positif di mata pelanggan.
Brand identity (what)
Identitas yang dimaksud di sini adalah bentuk fisik dari misi dan karakter yang mau bisnis kamu bawa. Ini termasuk pelayanan, produk, dan logo bisnis serta elemen visual lainnya.
Nah, itu dia soal golden circle. Mindset dan cara eksekusi ini bisa mempermudah kamu untuk cari fokus hal apa yang bisa kamu dahulukan dalam membangun bisnis. Kamu juga bisa konsultasi dengan SevenAds perihal pengeksekusian golden circle ini lho! Kamu bisa langsung konsultasi melalui email [email protected] atau cek website SevenAds untuk info lebih lanjut ya!