Advertising agency merupakan komponen utama dalam industri periklanan karena merupakan lembaga yang memfasilitasi dan membantu perusahaan ataupun brand dalam industri periklanan . Peran dari advertising agency adalah membantu melakukan iklan baik dalam proses produksi, eksekusi, dan juga membuat evaluasi. Layanan yang ditawarkan juga beragam dimulai dari konsepsi ide hingga produksi media.

Advertising Agency: Apaan Sih itu?

Jika dilakukan pengibaratan, advertising agency merupakan penjahit karena perlu membuat pola terarah dan terstruktur dalam perencanaannya. Dalam pembuatan iklan, advertising agency akan membuat perencanaan tentang bagaimana, kapan, dan dimana iklan tersebut akan diserahkan kepada klien. Advertising agency merupakan organisasi profesional yang melakukan produksi periklanan dan mengiklankannya melalui media yang sesuai. Dalam hal ini divisi dalam advertising agency terbagi seperti copywriter, design grafis, spesialis sosial media dan lainnya.

Peran Advertising Agency

Advertising agency berperan dengan melakukan fungsi yang diperlukan atas nama pelanggan ataupun pengiklan. Dengan demikian advertising agency harus memenuhi request atau permintaan client sesuai dengan brief yang telah disepakati. Advertising agency membebankan remunerasi, untuk layanannya baik berdasarkan komisi yang ditetapkan sebelumnya atau persentase tetap dari tagihan media. Remunerasi juga dapat dikenakan berdasarkan biaya, yaitu pembayaran lump sum sebagaimana disepakati antara agensi dan pengiklan.

Role di Advertising Agency

Social Media Specialist

Seorang Social Media Specialist adalah seorang profesional yang memiliki keahlian dalam mengelola dan mengoptimalkan sosial media suatu perusahaan. Tugas yang diberikan mencakup perencanaan dan pelaksanaan strategi pemasaran, pembuatan dan penjadwalan konten, melakukan interaksi dengan followers, dan melakukan analisis performa sosial media. Mereka juga dapat terlibat dalam membangun merek, meningkatkan kesadaran, dan meningkatkan keterlibatan pelanggan melalui platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lainnya

Account Executive

Tanggung jawab seorang Account Executive adalah bertindak sebagai penghubung antara klien dan perusahaan. Mereka harus memahami kebutuhan klien dan menyampaikannya kepada internal perusahaan. Selanjutnya, Account Executive harus menjelaskan gagasan kreatif yang ditawarkan oleh perusahaan kepada klien secara mendetail. Menyelaraskan visi ideal perusahaan dengan preferensi klien adalah sebuah tantangan yang harus dihadapi oleh Account Executive. Oleh karena itu, sangat penting bagi Account Executive untuk memiliki kesabaran, rasa percaya diri, dan rasa tanggung jawab yang kuat.

Graphic Designer

Graphic Designer adalah seseorang yang memberikan kontribusi dalam pekerjaan yang melibatkan elemen-elemen grafis. Dewasa ini, posisi Graphic Designer juga diharapkan untuk memiliki kemampuan sebagai Motion Designer, 3D Designer, dan bahkan UI Designer sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Creative Director

Creative Director adalah figur yang memimpin divisi kreatif. Tugas utama Creative Director adalah merancang strategi kreatif yang sejalan dengan keinginan klien. Mereka harus menjadi penopang bagi anggota divisi kreatif dan menyesuaikan brief sesuai dengan request klien.

Content Writer

Content Writer di sini adalah tim yang akan mengelola isi konten dari brand tersebut dengan tulisan-tulisan yang sesuai dengan identitas brand yang dimiliki. Content Writer harus mampu memahami cara penulisan sesuai dengan kaidah kebahasaan dan dituntut untuk dapat bekerjasama dengan tim SEO & SEM.

Business Development

Business development di agensi adalah usaha untuk mendapatkan klien baru, memperluas layanan, dan meningkatkan pendapatan agensi periklanan atau pemasaran. Tujuannya adalah pertumbuhan bisnis, retensi klien, dan perluasan jejak di industri, melibatkan akuisisi klien, pemeliharaan klien yang ada, pengembangan layanan, riset pasar, dan pembangunan merek.

Dengan dunia yang semakin digital, kehadiran advertising agency menjadi menjamur dan membuka kesempatan yang lebih luas bagi para pekerja kreatif untuk menyalurkan potensi yang dimiliki. Nah, setelah membaca penjelasan tersebut, kamu tertarik untuk kerja di agency gak nih?