Gimmick dalam marketing dapat memberikan keajaiban bagi bisnis kamu loh! Marketing Gimmick membutuhkan biaya yang rendah namun masih berhasil untuk bisa mencuri perhatian pelanggan. Gimmick yang meninggalkan kesan yang kuat dan positif dipikiran orang-orang mengenai produk yang dijajalkan akan memberikan kesan dan melekat dalam waktu yang lama.

Apa itu Gimmick Marketing?

Gimmick adalah sesuatu yang disengaja dan memiliki tujuan yang telah ditentukan dengan tidak terduga dan menarik. Dalam marketing, gimmick yang menarik bisa membuat kamu mendapatkan publisitas yang baik dan dapat tersebar luas di berbagai media tanpa biaya.

Contoh Gimmick Marketing Yang Paling Sering Dilakukan

Beli Sekarang, Bayar Nanti

Banyak dari retailer konsumen memberikan opsi untuk melakukan pembelian sekarang dan membayarnya nanti dengan metode buy now pay later. Dalam marketing jenis ini, biasanya tidak ada bunga yang dibebankan pada marketing tipe paylater sehingga memberikan opsi untuk audiens sebagai yang lebih baik daripada kartu kredit. Namun ketika pelanggan melewatkan waktu tempo pembayaran maka akan dikenakan biaya keterlambatan dan bunga yang besar.

Kartu Loyalitas

Kebanyakan orang mendaftar untuk mendapatkan kupon, diskon toko, ataupun penawaran khusus. Dalam menggunakan gimmick jenis ini, kamu harus memahami beberapa poin seperti privasi customer dan dikhawatirkan akan memberikan spam yang berlebihan ke customer. Masalah privasi dalam memberikan beberapa informasi pribadi customer seperti nama lengkap, nomor telepon, dan alamat email. Selanjutnya adalah spam yang berlebihan, kepemilikan data customer membuat marketing menggunakan informasi pelanggan untuk mengirimkan promo-promo yang ada di internet.

Bunga 0%

Gimmick marketing bunga 0% biasanya digunakan pada bangunan properti, kendaraan, kartu kredit dan barang-barang konsumen. Hal ini membuat anggapan bahwa pelanggan mendapatkan penawaran khusus padahal jika dilihat lebih jauh mungkin biaya bunga sudah termasuk kedalam harga. Teknik gimmick marketing jenis ini memiliki syarat dan ketentuan yang khusus, jika pelanggan terlambat membayar atau gagal membayar maka customer akan dikenakan denda yang cukup besar. Wah lumayan ya…

Display Sale Pada Depan Toko

Ketika customer berjalan melewati display toko maka akan disambut dengan produk display yang harganya sudah dilakukan sale yang menarik perhatian. Hal ini dapat menarik customer untuk mengunjungi toko dan mendorong customer untuk membeli saat itu juga serta potensi untuk menelusuri seluruh toko dan berpikir untuk mencari barang lainnya yang diobral.

Buy1Get1

Penawaran ini kelihatannya sangat menggiurkan dan menarik karena dapat menghemat satu harga produk lainnya. Namun jika dilihat lebih dekat, teknik ini merupakan taktik untuk menciptakan urgensi atau perasaan ingin membeli produk dengan segera karena manipulasi harga yang lebih hemat. Hal ini akan mendorong customer untuk membeli dalam jumlah besar agar mendapatkan diskon yang lebih besar pula sehingga akan terjadi impulsive-buying sehingga cukup menguntungkan untuk owner bisnis tersebut. Umumnya teknik ini banyak terjadi pada toko bahan-bahan makanan.

Maka, dapat disimpulkan Gimmick Marketing seperti contoh-contoh diatas dapat dilakukan dan kerap kali menguntungkan bagi bisnis yang dijalani. Namun, terdapat hal-hal lain yang perlu diperhatikan seperti strategi pemasaran misalnya seperti strategi pemasaran melalui sosial media, teknik gimmick marketing menggunakan KOL atau Influencer yang sesuai. Untuk mempermudah kegiatan tersebut agar sesuai dengan strategi yang dibutuhkan, kamu dapat melakukan konsultasi dengan Seven ads secara gratis! Yuk hubungi [email protected]