Apa itu KOL
KOL atau key opinion leader adalah seseorang yang memiliki pengaruh yang cukup besar dan memiliki skill, pengetahuan, atau kemampuan di bidang tertentu. Pendapat seorang KOL yang diposting di media sosial bisa memberikan pengaruh yang cukup besar karena kredibilitasnya tidak perlu dipertanyakan sehingga biasanya akan lebih dipercaya. Itulah mengapa bekerja sama dengan KOL akan memberikan exposure yang tidak kecil.
Manfaat Berkolaborasi Dengan KOL
Bagi brand baru, ada berbagai manfaat yang bisa dirasakan.
- Meningkatkan brand visibility: Pernyataan KOL mengenai brand kamu akan mengundang kepercayaan dari berbagai kalangan yang tentunya relevan.
- Membangun kredibilitas: Saat KOL yang dipercaya oleh audiens memberikan rekomendasi, audiens juga akan menaruh kepercayaan pada hal yang direkomendasikan itu. Bayangkan jika itu adalah brand kamu!
Berkolaborasi Dengan KOL Apakah Wajib?
Dengan benefit yang udah dijabarkan di atas, tentu kolaborasi dengan KOL mendatangkan manfaat yang baik, tapi strategi ini nggak wajib untuk dilaksanakan, kok! Masih banyak strategi yang bisa dieksekusi dengan output yang mirip. Kalau kamu tertarik dengan strategi ini, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih KOL:
- Budget pemasaran: Karena mau bekerja sama, kamu juga harus pastikan bayaran untuk KOL masih masuk ke budget pemasaran kamu.
- Tujuan pemasaran: Kamu mesti tau betul output yang mau kamu dapatkan dari pemasaran ini seperti apa nanti.
- Target audiens: Beda KOL memiliki target audiens yang berbeda pula, lho!
Soal kolaborasi dengan KOL untuk brand baru memang sangat bermanfaat, tapi nggak wajib, ya! Sesuaikan dulu strategi dengan kebutuhan brand kamu. Setelah itu, baru deh mulai eksekusi dengan pilih KOL yang cocok. Bingung pilih KOL yang cocok untuk brand kamu? Tenang aja, SevenAds bisa bantu kamu soal pemilihan KOL, lho! Kamu bisa langsung berkonsultasi melalui email [email protected] atau cek website SevenAds untuk info lebih lanjut.