Kalau kamu bergelut di bidang digital marketing, perlu untuk mengetahui waktu terbaik dalam menentukan waktu dalam mengirim email adalah hal yang wajib untuk dipahami. Jika diperhatikan pada kotak masuk email-kamu, perusahaan mengirimkan email dengan waktu tertera yang cukup seragam. Lalu bagaimana menentukan bahwa waktu tersebut adalah waktu terbaik untuk mengirimkan email marketing?
Mengukur Performa Email Marketing
Mengukur performa email marketing merupakan poin yang perlu untuk diperhatikan dan berpengaruh ke performa sehingga menjadi hal basic yang penting untuk dipahami terlebih dahulu. Beberapa poin yang dapat kamu perhatikan diantaranya adalah Click through rate (CTR), Click-to-open-rate (CTOR), dan open rate.
Waktu terbaik mengirim email marketing
Setelah melakukan analisis terhadap poin-poin tersebut, kamu dapat menentukan kapan email marketing dapat dikirim. Menurut Hubspot, waktu terbaik dalam mengirim email marketing yang berisikan promosi dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan marketing adalah di jam break atau saat orang-orang beristirahat pada siang hari. Hal ini dianggap bahwa audens memiliki waktu luang dan dapat melakukan cek pada emailnya masing-masing. Namun, jika berbicara mengenai CTOR, persentase paling tinggi adalah pada jam 10 pagi, 1 siang, dan juga 6 malam. Data tersebut menunjukkan bahwa audiens lebih tertarik untuk membaca notifikasi pada jam-jam luang. Terkait hari yang efektif, email marketing dapat dilakukan pada hari kerja
Perlu mengingat, bahwa dalam menentukan waktu terbaik dalam mengirimkan email marketing harus dilakukan analisis pada poin-poin penting yang sudah dijelaskan sebelumnya tersebut.