Dalam era digital saat ini, influencer marketing sudah menjadi salah satu strategi pemasaran favorit yang sangat efektif untuk meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan penjualan, dan memperluas jangkauan bisnis kamu. 

Influencer marketing dipercaya mampu meningkatkan visibilitas dan kepercayaan konsumen, namun sayangnya banyak merek hanya memandang influencer sebagai sarana untuk mempromosikan produk mereka tanpa membangun hubungan jangka panjang yang dapat memberikan manfaat yang lebih besar padahal jika kamu berhubungan jangka panjang dengan influencer dapat memberikan manfaat dan keuntungan lebih untuk bisnis kamu!

Pertama, hubungan jangka panjang dengan influencer memungkinkan kita untuk memperluas jangkauan bisnis secara organik dan meningkatkan kesadaran merek kamu melalui promosi yang berkelanjutan dan konsisten yang terlihat lebih alami daripada promosi yang hanya bersifat transaksional.

Kedua, mampu membangun kepercayaan dengan audiens influencer. Ketika kamu bekerja dengan influencer yang telah membangun kredibilitas dengan audiensnya, kamu dapat memanfaatkan kepercayaan tersebut untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek kamu. 

Ketiga, Memperoleh wawasan yang lebih dalam tentang audiens mereka karena kamu dapat mempelajari lebih lanjut tentang audiens mereka dan apa yang mereka cari dari merek kamu. Ini dapat membantu kamu untuk memperbaiki produk atau layanan kamu, mengoptimalkan kampanye pemasaran kamu, dan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif.

Nah, pentingkan untuk membangun hubungan jangka panjang dengan influencer! Tapi, bagaimana caranya ya? Yuk, kita bahas lebih detail cara untuk membangun hubungan jangka panjang dengan influencer!


1. Mulailah dengan melakukan riset terlebih dahulu

Sebelum kamu mulai mencari influencer yang tepat untuk merek kamu, pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu. Cari influencer yang sesuai dengan industri atau produk kamu, dan pastikan mereka memiliki audiens yang relevan dengan merek kamu. 

Lalu coba riset konten yang mereka buat dan lihat apakah itu cocok dengan merek kamu. Jika sesuai, mulailah berinteraksi dengan mereka dan tunjukkan minat pada konten mereka. 

Contohnya, kamu bisa ikut interaksi di kolom komentarnya dan menanggapi komen-komen lainnya. Namun ingat ya! Jangan spam, karena dapat membuat influencer tersebut merasa risih dan terganggu.


2. Bangun hubungan secara bertahap

Jangan terlalu terburu-buru untuk langsung menawarkan kerjasama promosi produk. Mulailah dengan membangun hubungan secara bertahap, contohnya memberikan feedback positif pada konten mereka, memberikan dukungan pada project mereka, atau memberikan komentar yang bernilai pada postingan mereka.


3. Berikan nilai pada influencer

Sebuah hubungan yang baik haruslah saling menguntungkan atau mutualisme. Berikan value lebih pada influencer, contohnya kamu dapat mengundang mereka ke acara, memberikan produk gratis, atau memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman baru yang berharga. 


4. Berikan kepercayaan

Berikan kepercayaan pada influencer dengan memberikan mereka kebebasan dalam mengekspresikan pendapat mereka tentang produk kamu, dan membiarkan mereka memilih cara yang paling sesuai untuk mempromosikan produk kamu. 


5. Berikan apresiasi pada mereka

Jangan lupa untuk kasih apresiasi pada influencer atas kontribusinya pada merek kamu. Ungkapkan terima kasih pada mereka dengan mengirimkan appreciation gift atau lainnya yang mengungkapkan rasa terima kasih kamu.

Itu dia beberapa cara untuk membangun hubungan jangka panjang dengan influencer. Hubungan yang baik harus dibangun perlahan-lahan namun konsisten! Yuk, mulai coba cara ini untuk bisnis kamu.