Copywriting tidak hanya sekadar menulis kalimat-kalimat yang indah dan menarik. Melainkan seni yang memerlukan strategi dan komunikasi yang efektif untuk mengajak audiens melakukan sesuatu, seperti membeli produk atau mengunjungi situs web.

Apa Itu Copywriting?

Copywriting adalah jenis penulisan yang bertujuan untuk mengajak pembaca melakukan sesuatu, seperti membeli produk atau mengunjungi situs web. Tidak hanya sekadar menulis kalimat-kalimat yang indah dan menarik, tapi juga harus mampu mengkomunikasikan pesan yang efektif dan mempengaruhi audiens.

Tips Membuat Copywriting yang Menarik dan Efektif

1. Mempelajari Produk

Sebelum menulis copywriting, kamu harus mempelajari produk atau layanan yang akan kamu pasarkan. Dengan memahami produk, kamu dapat menuliskan deskripsi dan keunggulan yang akan ditonjolkan dalam copywriting tersebut.

2. Memahami Kebutuhan Audiens

Sebuah konten yang menarik adalah konten yang dapat menjawab semua rasa penasaran dan keinginan audiens. Sebelum menulis, kamu harus memahami apa yang diinginkan oleh audiens melalui konten tulisanmu.

3. Buat Headline yang Memikat

Headline adalah hal pertama yang akan dibaca audiens, sehingga harus mampu menggelitik rasa penasaran mereka sehingga ingin tahu isi copywriting kamu. Agar audiens dapat "jatuh cinta" dengan konten tulisanmu, buat headline yang menarik, komunikatif dan pastinya infomatif.

4. Gunakan Kata yang Lebih Personal

Setelah mengetahui siapa audiens-mu, kamu perlu memastikan bahwa kamu benar-benar menunjukkan pesan yang kamu buat untuk audiens tersebut. Gunakan kata-kata yang personal agar dapat menciptakan komunikasi langsung dan tidak ada kesan orang ke-3.

5. Maksimalkan SEO

Ketika membuat copywriting, terutama untuk platform digital, penting untuk memasukkan keyword yang saat itu paling banyak dicari di mesin pencari. Buat kalimat yang menarik dari mulai judul, dan pastikan judul yang kamu pilih secara langsung merefleksikan dengan apa yang paling banyak dicari oleh audiens.

Perbedaan Copywriting dan Content Writing

Perbedaan antara copywriting dan content writing adalah tujuan penulisan konten. Copywriting dibuat untuk menyampaikan pesan secara persuasif dan mempengaruhi audiens untuk melakukan sesuatu, seperti membeli produk. Sedangkan content writing dibuat untuk menciptakan konten interaktif dan tidak memiliki tujuan spesifik seperti penjualan.

Tentunya semua copywriting perlu disesuaikan lagi dengan kebutuhan brand kamu, kamu juga perlu tentukan objektif yang bisa brand kamu capai dulu baru kemudian tentukan copywriting yang sesuai. Jika kamu memiliki kesulitan dalam membuat copywriting, kamu bisa coba konsultasi bersama SevenAds Indonesia melalui email ke [email protected] atau langsung klik contact di website kami!