Clickbait adalah strategi marketing yang bertujuan untuk meningkatkan audiens pada sebuah konten dengan membuat judulnya yang menarik. Teknik ini merupakan judul konten yang dibuat menarik dengan tujuan memancing orang melakukan klik terhadap konten tersebut. Biasanya konten clickbait dibuat dengan headline atau judul yang nyeleneh sehingga memicu di klik oleh orang banyak.
Berikut adalah beberapa karakteristik clickbait :
Judul yang menarik perhatian audiens
Judul yang menarik perhatian audiens adalah salah satu karakteristik clickbait yang paling penting. Judul yang menarik dapat membuat pembaca penasaran dan ingin membaca lebih lanjut.
Bersifat skimmable
Konten yang skimmable biasanya memiliki sub-headers yang besar dan mudah dilihat, sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami isi dari konten tersebut hanya dengan melihat sub-headers tersebut.
Gambar atau video lucu gampang untuk diingat
Gambar atau video lucu dapat membantu konten menjadi lebih menarik dan mudah diingat oleh pembaca,
Punya maksud untuk mensupport sharing di media sosial
Konten clickbait seringkali memiliki maksud untuk mensupport sharing di media sosial, sehingga dapat meningkatkan jumlah audiens untuk konten tersebut.
Manfaat Clickbait Untuk Bisnis
Pageview Meningkat
Tujuan utama dari digunakannya clickbait adalah menghasilkan pageview yang tinggi dan merupakan strategi yang tepat untuk tujuan tersebut. Jika pageviews menjadi satu-satunya target yang ingin dicapai, maka clickbait adalah cara terbaik untuk memperolehnya.
Memberikan Social Shares yang Besar
Untuk meningkatkan social shares, clickbait dapat menarik audiens dengan konten-konten yang berjenis emotional attachment, semakin kuat respon emosionalnya maka semakin besar pula untuk konten tersebut dibagikan.
Meningkatkan Brand Awareness
Manfaat lainnya dari clickbait adalah brand memperoleh brand awareness. Clickbait dapat menghasilkan banyak pageviews dan social shares, maka akan banyak orang yang terkena exposure dan menyebarkannya ke seluruh web
Salah satu strategi clickbait adalah menggunakan judul yang sensasional dan mendorong pembaca untuk melakukan klik ke tautan artikel, video, atau gambar. Alih-alih menyuguhkan fakta objektif, headline clickbait kerap kali menarik emosi serta rasa ingin tahu pembaca. Sesudah pembaca mengklik situs web yang meng-hosting tautan tersebut, maka akan memperoleh pendapatan per-click dari pengiklan. Namun, sebenarnya konten tersebut punya kualitas dan akurasi yang meragukan. Situs yang hanya mementingkan jumlah klik dan pendapatan iklan tentu tidak memiliki kredibilitas yang baik di mata audiens. Jika kamu kebingungan dalam menentukan strategi yang akan digunakan, SevenAds Indonesia menawarkan untuk melakukan konsultasi secara GRATIS melalui email [email protected]!