Hal yang paling butuh waktu lama dalam dalam membuat konten itu adalah idea. Bener kan? Karena ide itu adalah dasar dari konten yang kamu tulis. terkadang kamu harus cari sana-sini biar dapat ide yang pas dan sesuai untuk konten kamu.

Nah, dengan bantuan AI website dapat mempermudah kamu untuk mencari referensi ide konten, kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai konten yang sedang trending! menarik bukan.

Untuk melengkapi riset idea konten kamu, tak ada salahnya memanfaatkan tools untuk mencari ide konten loh. Kira-kira ada apa aja sih? Dari sekian banyak tools, SevenAds Indonesia telah merangkum 5 rekomendasi tools untuk mencari ide konten. Yuk kita simak lebih lengkap ini ya.

1. Ubersuggest

Salah satu Tools untuk mencari ide konten adalah Ubersuggest. Tools ini dikembamngkann oleh seorang marketing cukup terkenal, Neil Patel.

Tools ini kerap digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran digital. Platform ini tidak hanya menawarkan riset keyword. Penggunanya juga dapat mengakses fitur analisis SEO melalui SEO Analyzer.

Tools ini juga dapat kamu akses secara gratis, namun ada batasan tertentu dalam penggunaannya.

2. BuzzSumo

BuzzSumo adalah tools dalam mencari ide konten yang diandalkan jutaan pemasar konten. Platform Buzzsumo memiliki empat komponen yang terdiri dari Discovery, Research, Influencers, dan Monitoring.

Dengan menggunakan Buzzsumo pengguna akan mendapatkan wawasan tentang keyword, subheadings, SERP results, questions, topics, dan social engagement.

3. SEMRush

SEMRush dianggap sebagai tools mencari ide konten yang paling memenuhi standar SEO. Semua informasi yang ada di SEMRush berguna dalam pembuatan konten informatif.

SEMRush menawarkan cara mudah dalam mencari ide konten dalam waktu singkat. Setelah memasukan keyword, SEMRush akan membuat daftar judul, pertanyaan, dan search terkait topik yang kamu inginkan. Semakin tinggi jumlah pencarian, semakin populer topik tersebut.

4. Ahrefs

Rekomendasi tools selanjutnya adalah Ahrefs. Ahrefs memiliki database keyword dari 170 negara loh. Dengan tools ini, kamu bisa menelusuri lebih dari satu miliar halaman web beserta SEO dan metrik sosialnya.

Hasil Research konten ini sangat bermanfaat untuk menemukan prospek konten yang menarik. Ahrefs memungkinkan penggunanya membaca strategi marketing konten kompetitornya.

Caranya sangat mudah hanya dengan memasukkan domain kompetitor. Dalam hitungan detik kamu dapat mengetahui seberapa sering kompetitor mempublikasi konten.

5. Answer The Public

Tools terakhir ini akan membantu kamu dalam mencari ide konten menemukan niches, konten, dan ide bisnis, serta melakukan riset kata kunci yang cocok untukmu.

Cara penggunaan tools ini cukup mudah. Cukup ketik kata keyword atau frasa sesuai bahasa yang dipilih. Answers The Public akan memberikan hasil penelusuran yang dipisah ke dalam kategori.

Mulai dari apa, mengapa, di mana, bagaimana, dan sebagainya. Fitur ini membangun keyword yang diketik dengan keyword serupa yang tersedia di platform ini.

Itulah 5 Rekomendasi tools dalam mencari ide konten. Tools tersebut sangat berguna untuk mengembangkan strategi pemasaran konten kamu.

Jika kamu mengalami kesulitan dalam mencari ide konten yang sesuai untukmu, kamu bisa coba konsultasikan ke SevenAds Indonesia secara GRATIS melalui e-mail ke [email protected] !