Iklan selalu menjadi alat pemasaran yang paling ampuh karena promosi melalui iklan terbukti bisa membangun brand awareness dan mendorong peningkatan penjualan. Ditambah lagi saat ini perkembangan bisnis digital semakin pesat dan didukung dengan hadirnya beragam fitur bisnis di media sosial.
Sehingga ada banyak jenis iklan dan media iklan yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan produk, layanan, atau jasa yang kamu jual! Namun, sebagus apapun kualitas produk mu, jika kamu tidak bisa memanfaatkan iklan dengan optimal, kamu akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan pelanggan.
Agar kamu bisa mempromosikan produk, layanan, atau jasa yang kamu jual, kamu harus bisa membuat iklan yang mudah dipahami. Tapi gimana sih langkah-langkahnya? Yuk, kita bahas bersama!
Seperti yang kita tahu, iklan bisa dibuat dalam berbagai bentuk, mulai dari tulisan, foto, video interaktif, dan lain sebagainya. Iklan berbeda dari jenis pemasaran lainnya karena iklan membutuhkan biaya, sehingga pemasang iklan memiliki kontrol penuh atas konten dan pesan yang ingin disampaikan mengenai produk, layanan, atau jasa yang diiklankan.
Supaya kamu dapat membuat iklan yang baik, yuk simak syarat-syarat berikut:
1. Tidak Ambigu
Iklan yang baik adalah iklan yang tidak ambigu. Dalam artian, sebuah iklan haruslah memiliki pesan yang jelas. Apabila kamu ingin menyampaikan pesan A kepada audiens, maka audiens juga harus menerima pesan A. Iklan yang ambigu dapat membuat audiens justru menerima pesan B, C, dan seterusnya yang berbeda dengan maksud awal dan tujuanmu.
Untuk membuat iklan yang tidak ambigu, pastikan kamu menyusun materi iklan dengan jelas dan terarah! Gunakan bahasa sehari-hari yang sederhana dan hindari penggunaan istilah-istilah yang memiliki makna ganda.
2. Tidak Bertele-tele
Jika kamu membuat iklan, iklan tersebut haruslah padat dan tidak bertele-tele. Hal ini dikarenakan iklan yang terlalu panjang dan tidak menjelaskan inti tujuannya hanya akan membuat audiens merasa bingung dan tidak tertarik. Jadi, kalau kamu membuat iklan kamu harus terlebih dahulu mengetahui pesan utama apa yang ingin kamu sampaikan!
3. Informatif
Iklan tidak hanya memuat ajakan untuk membeli atau menggunakan produk, layanan, atau jasa yang kamu tawarkan, melainkan iklan juga menampilkan informasi-informasi yang berguna bagi audiens. Iklan yang informatif akan dianggap memiliki manfaat bagi audiens dan dengan begitu akan ada banyak audiens yang menunggu iklanmu karena memiliki bobot informasi yang berkualitas.
Nah, perlu diingat kalau kamu membuat iklan pastikan kamu menyelipkan informasi dari sumber terpercaya, ya!
4. Menghibur
Selain informatif, kamu juga bisa membuat iklan yang menghibur loh! Iklan yang menghibur dan informatif dapat kamu tujukan apabila audiens mu merupakan kalangan anak muda. Iklan yang menghibur tidak hanya menarik, tetapi juga akan diingat dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu, kamu bisa banget menyelipkan unsur humor dalam konten iklan mu atau kamu juga bisa mengangkat kehidupan sehari-hari sebagai ide iklan mu!
5. Objektif
Ketika kamu ingin membuat atau memasang iklan, pastikan iklan mu berisi informasi yang objektif. Dalam artian, kamu harus menyampaikan keunggulan pada produk, layanan, atau jasa yang kamu jual secara apa adanya dan tidak melebih-lebihkan informasi.
Iklan yang objektif bisa membuat bisnismu mendapat kepercayaan dari konsumen. Jadi, jika iklan mu berisi informasi umum, pastikan kamu sudah memeriksa kebenaran faktanya!
6. Gunakan Bahasa Umum
Syarat iklan yang baik adalah menggunakan bahasa yang umum dan bisa dipahami oleh semua orang, seperti Bahasa Indonesia. Kamu tidak harus menggunakan bahasa baku, tetapi cukup dengan gunakan bahasa sehari-hari yang bersifat casual, sederhana, dan terstruktur. Hindari menggunakan bahasa daerah dalam iklan karena tidak semua audiens memahaminya.
Nah, itu dia beberapa syarat membuat iklan yang baik dan benar. Kalau kamu tertarik untuk membuat iklan, jangan lupa untuk selalu ingat syarat-syarat di atas dan terapkan pada iklan mu!
Jika kamu mengalami kesulitan dalam mengiklankan produk, layanan, atau jasa yang kamu jual, kamu bisa coba konsultasikan ke SevenAds Indonesia secara GRATIS melalui e-mail ke [email protected]