1. Tentukan tujuan iklan
Kamu harus pintar dalam menentukan tujuan iklan brand kamu. Hal ini agar awareness tentang brand kamu, jumlah followers, interaksi dengan postingan, dan penjualan produk bisa meningkat. Dengan menentukan tujuan yang jelas, kamu bisa terbantu dalam merancang iklan yang jauh lebih efektif dan terukur.
2. Mengenal target audiens
Paham target audiens kamu adalah kunci sukses untuk berkampanye di iklan Instagram. Pemahaman ini seputar demografi, minat, perilaku, dan kebiasaan target audiens kamu di dunia online. Biar nggak asal tembak, kamu bisa cek fitur “Audience Insights” di akun brand kamu. Informasi yang ada di sana bisa kamu gunakan untuk menyesuaikan konten iklan kamu biar lebih menarik serta relevan bagi target audiens.
3. Buat konten visual yang menarik
Karena Instagram adalah platform yang sangat mengedepankan visual, ngiklan juga harus mengutamakan visual yang menarik! Gambar atau video yang kamu unggah harus berkualitas tinggi dengan desain yang estetik dan warna yang konsisten dengan brand kamu bisa membuat iklan brand kamu lebih menonjol. Melihat banyaknya variasi format di Instagram, seperti foto, video, carousel, dan story, kamu bisa memanfaatkan semua variasi format itu untuk iklan brand kamu.
4. Pakai fitur interaktif
Instagram kini memiliki banyak fitur interaktif yang bisa meningkatkan interaksi dengan audiens. Kamu bisa menggunakan fitur seperti polling, kuis, dan sticker untuk membuat audiens lebih terlibat. Contohnya, kamu bisa membuat kuis yang berkaitan dengan produk kamu.
5. Optimalkan penggunaan hashtag
Bisa dikatakan bahwa hashtag adalah alat yang efektif untuk menaikkan visibilitas iklan brand kamu. Make sure kamu menggunakan hashtag yang populer serta relevan dengan brand kamu agar bisa dijangkau ke audiens yang lebih luas. Jangan lupa untuk menyertakan hashtag khusus untuk kampanye iklan brand kamu ya! Itu bisa meningkatkan awareness dan mengajak audiens untuk berpartisipasi dalam kampanye.
6. Kerja sama dengan influencer marketing
Bekerja sama dengan influencer marketing adalah salah satu cara yang efektif untuk menyukseskan kampanye brand kamu. Influencer sudah mendapat kepercayaan dari followers mereka sehingga rekomendasi dari mereka bisa menaikkan kredibilitas brand kamu. Tapi, jangan lupa untuk make sure kalau influencer yang kamu pilih sesuai dengan nilai, citra, dan target audiens brand kamu ya!
7. Call to Action yang jelas
Call to Action (CTA) yang jelas dan kuat bisa menjadi senjata brand kamu untuk menyukseskan kampanye di iklan Instagram. Hal ini bisa membantu menavigasi audiens untuk melakukan tindakan yang brand kamu inginkan, seperti mengunjungi website, membeli produk, atau follow akun Instagram brand kamu. Contoh CTA yang bisa kamu gunakan adalah “Beli sekarang”, “Pelajari lebih lanjut”, dan “Ikuti kami”.
8. Instagram Ads Manager
Menggunakan Instagram Ads Manager bisa membantu kamu untuk membuat, mengatur, dan menganalisis iklan brand kamu secara detail. Di Instagram Ads Manager, kamu juga bisa menentukan target audiens berdasarkan berbagai kriteria, menentukan format iklan, menentukan anggaran, dan melacak kinerja iklan brand kamu secara real time. Fitur ini adalah alat yang kuat untuk mengoptimalkan kampanye iklan brand kamu.
9. Mengukur dan menguji kinerja iklan
Untuk menguji, kamu bisa coba berbagai jenis konten, format iklan, dan target audiens untuk mencari tau yang mana yang memberikan hasil terbaik. Ada fitur analitik di Instagram yang bisa membantu kamu melacak kinerja iklan brand kamu sebagai alat bantu evaluasi kamu ke depannya.
10. Pertahankan konsistensi merek
Untuk membangun identitas merek yang kuat, kamu wajib mempertahankan konsistensi merek. Make sure semua iklan mencerminkan pesan, gaya, dan nilai dari brand kamu. Agar awareness brand bisa terus meningkat, kamu harus menggunakan elemen visual yang konsisten. Penggunaan logo, warna, dan font bisa mempererat hubungan brand kamu dengan audiens.
11. Sediakan diskon
Siapa yang nggak suka diskon? Menawarkan diskon adalah cara yang efektif untuk menarik perhatian audiens. Kamu bisa kasih kode diskon khusus di Instagram. Strategi ini bisa membuat audiens merasa terlibat dan dihargai oleh brand kamu sekaligus meningkatkan penjualan.
12. Manfaatkan User-Generated Content
User-Generated Content (UGC) adalah konten yang dibuat oleh audiens yang berkaitan dengan brand kamu. Kamu bisa menarik kepercayaan dan kredibilitas dengan menggunakan UGC dalam kampanye iklan. Kamu bisa meminta audiens yang telah membeli produk atau jasa kamu untuk membagikan pengalamannya dan tag ke akun instagram brand kamu. Lalu, kamu bisa share ulang konten itu di akun brand kamu sebagai testimoni.
Untuk menyukseskan kampanye iklan brand kamu di Instagram, tentu kamu perlu berbagai strategi yang harus dijalankan. Perihal ads, SevenAds bisa bantu kamu! Kamu bisa berkonsultasi dengan SevenAds melalui email [email protected] atau cek website SevenAds untuk info lebih lanjut.