Website-mu Sering Down? Mungkin Ini Penyebabnya! | SevenAds

Website kamu suka tiba-tiba tidak bisa diakses atau down? Lalu bingung harus diapakan karena tidak tahu penyebabnya? Nahh, artikel ini jawaban bagi kamu yang mengalami masalah diatas!

Ada beberapa alasan yang menyebabkan mengapa server webiste yang kita miliki mengalami down atau bahkan macet tidak bisa diakses sama sekali. Berikut adalah penyebab website tiba-tiba tidak bisa diakses atau down:

Penyebab Website Down

1. Service Server Down

Ini adalah kendala website yang disebabkan karena salah satu service di server bermasalah sehingga tidak berhasil melakukan koneksi. Contoh service yang dimaksud adalah pada beberapa protokol berikut: WHM (2087), MySQL (3306), SSL (443), HTTP (80). 

2. Heavy Traffic

Penyebab yang kedua adalah traffic website yang terlalu berat alias heavy traffic, pernahkah kamu mengalami website lebih sulit diakses dari biasanya? Hal tersebut terjadi karena website-mu diakses oleh lebih dari kapasitas server sehingga sulit ditangani dan menjadi down.

3. Website Kena Hack

Penyebab lainnya adalah serangan hackerHacker yang dengan segaja masuk dan mengambil alih sistem website yang kita miliki dapat merusak website kita. Dan hal ini menjadi salah satu penyebab mengapa website yang kita miliki bisa down atau bahkan tidak bisa diakses.

Serangan hacker ini akan lebih mudah terjadi pada website-website yang memiliki sistem keamanan yang rendah. Maka dari itu, website akan sangat dianjurkan untuk memiliki sistem keamanan yang baik dan sulit untuk ditembus oleh hacker yang ingin merusak sistem.

4. Single Point of Failure (SPOF)

Website mu mengalami Single Point of Failure (SPOF) atau nama atau istilah lain dari kelemahan sistem. Ini merupakan sebuah titik lemah dari sebuah sistem. Jika titik kelamahan ini terjadi, maka akan menyebabkan failed, error, atau kegagalan sistem server dan hal ini secara otomatis akan menyebabkan server website down.

5. Aplikasi Bajakan

Ternyata aplikasi bajakan atau aplikasi sembarangan dari sumber yang tidak terpercaya juga bisa menjadi penyebab server website down. Hal ini dikarenakan kinerja dari sebuah server website yang sedang berjalan bisa terganggu dengan adanya plugin dari aplikasi bajakan yang bisa berbahaya untuk kelangsungan website ataupun komputer yang kita miliki.

Untuk itu jangan sembarangan menginstall aplikasi yang belum diketahui secara pasti sumber dan juga legalitasnya karena hal ini akan sangat beresiko bagi sebuah website dan juga komputer.

Ada baiknya pastikan terlebih dahulu keasliaan aplikasi, sehingga tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

6. Mati Listrik

Penyebab lainnya bisa terjadi akibat masalah koneksi atau mati listrik (power cut). Power cut bisa saja terjadi, namun biasanya data center memiliki cadangan listrik seperti UPS yang bisa bertahan selama 15-20 menit.

Oleh karena itu, petugas teknis data center harus bergerak lebih cepat atau website-mu akan segera down total. Kemungkinan lainnya adalah masalah koneksi yang terjadi, kamu bisa coba melakukan tes MTR ke website-mu.

Nah itu dia penyebab-penyebab mengapa website-mu tiba-tiba tidak dapat diakses atau down. Sebelum memperbaiki kerusakan yang ada, ada baiknya menganalisis kesalahan atau penyebab kerusakan tersebut. Semoga Artikel ini membantu~

%d bloggers like this: