Viral Marketing ala Gojek, Efektif Gak Sih? | SevenAds

Siapa yang ikutan heboh karena kabar Gantung Panci nya ibu Sisca Soewitomo beberapa bulan yang lalu? Saat itu kabar gantung panci benar-benar menghebohkan seluruh jagad sosial media loh. 

Tidak heran mengapa banyak sekali yang menaruh perhatian pada berita ini sebab ibu Sisca Soewitomo ini memang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena memiliki acara memasak yang amat terkenal.

Tapi ternyata…iklan “Gantung Panci” yang viral di berbagai sosial media hingga menjadi trending di twitter ini merupakan sebuah gimmick yang dibentuk oleh tim dari Go-food untuk mempromosikan Foodiskon pada saat itu. Ini lah yang disebut dengan Viral Marketing. Viral marketing adalah gaya promosi yang mengandalkan audiens untuk menghasilkan pesan produk atau layanan.

Viral marketing yang ini sebenarnya efektif gak sih? Coba kita breakdown disini ya.

Baca juga: Influencer dan KOL, Apa Sih bedanya?


Pemasaran di Media Sosial: GRATIS

Karena banyak yang kaget dengan berita ‘Gantung Panci’ nya ibu Sisca ini, membuat gempar sosial media yang menyebabkan banyak sekali netizen yang ngomongin konten viral ini, bahkan melakukan re-post ke beberapa platform sosial media pribadinya, hingga “Bu Sisca Gantung Panci” menjadi headline di berbagai kanal media online.


Banyak interaksi yang terbangun karena iklan ini yang berarti tujuan dari Viral marketing ini berhasil dicapai yakni C2C (Consumer to consumer).

Ditambah lagi, setelah diketahui bahwa ini hanya sebuah gimmick yang dilakukan oleh tim go-food, tidak serta merta menurunkan hype netizen terhadap iklan ini karena banyak sekali yang justru lanjut membahas iklan ini atas dasar kekagumannya pada strategi dan ide dari tim marketing go-food.



Mungkin viral marketing ini tidak memiliki pengaruh yang besar langsung pada better sales terhadap produk yang dipasarkan, namun prank dan viral marketing ini berhasil memperkuat brand Go-food sebagai top of mind of food delivery, yang mungkin menargetkan wanita millenials hingga boomer.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa viral marketing ini memiliki pengaruh yang sangat besar pada brand awareness terhadap suatu brand maupun produk. Apakah strategi ini efektif untuk pemasaran sebuah produk? Jawabannya, sangat efektif!  

Ingin memiliki strategi marketing yang unik dan efektif seperti Gojek? Konsultasikan disini.

%d bloggers like this: