Transformasi Bisnis Pada Dunia Digital. Yuk, Pelajari hal ini! | SevenAds

Cepatnya era digital ini berkembang, hal itu memaksa sebuah perusahaan konvensional harus menyesuaikan diri. Meski sudah banyak perusahaan yang melakukan transformasi digital, namun keuntungan dari investasi digital itu tidak diketahui secara pasti.

Banyak orang yang bingung dengan cara mengukur, apakah suatu perubahan itu telah memberikan manfaat dalam hitungan keuntungan bisnis ? mengukur keberhasilan transformasi digital dibutuhkanya key performance indicator (KPI) yang tepat. Tanpa indikator yang tepat, maka proses transformasi digital hanya tampak menghabiskan biaya tanpa memberikan keuntungan bisnis. Transformasi digital telah memunculkan model bisnis baru, proses operasi perusahaan dan juga proses baru dalam berhubungan dengan pelanggan.

Pengertian dari Transformasi Digital ?

Digital transformation atau transformasi digital adalah sebuah transformasi dari bisnis. Cara transformasi ini berbeda dengan yang lain, karena transformasi digital hanya merujuk pada perubahan yang dilakukan dengan menggunakan teknologi digital sebagai pilarnya seperti, perubahan strategi pemasaran, model bisnis, operasi, produk, pendekatan pemasaran, dan objektifnya yang semuanya dihubungkan dengan hal-hal digital.

Perubahan strategi pemasaran yang kini lebih menggunakan media sosial daripada iklan di media cetak dan lain-lain. Beberapa arti dari transformasi digital juga merujuk pada paperless atau tidak adanya penggunaan kertas. Contohnya, perusahaan yang menerapkan tidak adanya file yang dicetak atau perusahaan yang berubah dari percetakan buku menjadi perusahaan penerbit buku digital atau e-book.

Salah Satu Contoh Perusahaan Yang Melakukan Transformasi di Bidang Digital :

Starbucks

A Starbucks is Facing Backlash Because Barista Asked Police ...

Starbucks Corporation adalah sebuah perusahaan kopi dan jaringan kedai kopi global asal Amerika Serikat yang berkantor pusat di Seattle, Washington. Starbucks adalah perusahaan kedai kopi terbesar di dunia.

Sejarah dari Kedai Starbucks, pertama dibuka di Seattle, Washington, pada tanggal 30 Maret 1971 oleh tiga rekanan: guru bahasa Inggris Jerry Baldwin, guru sejarah Zev Siegl, dan penulis Gordon Bowker. Ketiganya terinspirasi oleh pengusaha pemanggangan kopi Alfred Peet, yang mereka kenal secara pribadi, untuk menjual biji kopi berkualitas tinggi beserta peralatannya. Awalnya, perusahaan ini hendak diberi nama Pequod yang diambil dari nama kapal pemburu Moby-Dick, tetapi nama ini ditolak oleh sejumlah pendiri pendamping. Perusahaan ini akhirnya diberi nama sesuai nama mualim satu kapal Pequod, Starbuck. Sejak 1971–1976, kedai pertama Starbucks berdiri di 2000 Western Avenue, kemudian direlokasi ke 1912 Pike Place. Perusahaan ini hanya menjual kopi panggang dan tidak menjual minuman kopi. Selama tahun-tahun pertama beroperasi, mereka membeli biji kopi hijau dari Peet’s, kemudian mulai membeli langsung dari petani kopi. ( sumber: wikipedia )

Apa Yang Starbucks Lakukan ?

  • Starbucks Sering Membuat Campaign Di Dalam Dunia Maya.

Mulai dari Twitter, Facebook dan YouTube, Starbucks dapat meraih perhatian lebih banyak orang dibanding lewat media tradisional. Strategi pemasaran yang terbilang unik pun mereka lakukan, salah satunya adalah dengan perlombaan di Twitter. Starbucks memanfaatkan kekuatan situs jejaring dengan memberikan tantangan pada orang-orang untuk menjadi yang pertama memposting foto poster Starbucks di Twitter. Kampanye dan promosi yang dilakukan Starbucks merupakan suatu langkah untuk mengimbangi kampanye minuman kopi yang dilakukan McDonalds yang dengan berani melakukan promosinya secara besar-besaran melalui TV, billboard dan media lainnya. Starbucks yakin bisa mencangkup jumlah peminat yang lebih banyak melaui media sosial.

  • Memiliki Tanggung Jawab Sosial, Lingkungan dan Ekonomi

Tanggung jawab sosial, lingkungan dan ekonomi yang diterapkan oleh Starbucks bisa membuatnya bertahan di tengah persaingan ketat. Perusahaan berupaya membeli semua kopi yang ditanam dan diproses melalui tata cara yang benar. Namun sebelumnya mereka memastikan terlebih dahulu apakah semuanya dilakukan dengan penuh tanggung jawab. Dalam hal ini, mereka berusaha menciptakan lingkungan kerja yang aman dan manusiawi. Sementara itu, masing-masing pekerja mendapatkan jaminan asuransi kesehatan dan keamanan. Bagi mereka yang memiliki anak akan diberi fasilitas biaya pendidikan sebagai upaya peningkatan kualitas hidup.

Pada tanggung jawab lingkungan, Starbucks justru meningkatkan pengolahan limbah saat ini. Mereka menggunakan kembali produk-produk yang sudah di daur ulang. Cara lainnya yakni menghimbau kepada para pelanggan untuk membawa wadah sendiri untuk mengurangi jumlah sampah. Dapat dikatakan bahwa tanggung jawab lingkungan, sosial, ekonomi dapat meningkatkan citra perusahaan. Tujuan lainnya yakni agar mendapatkan keuntungan lebih dari pelanggan. Tidak hanya bisa mencicipi cita rasa berkualitas, perusahaan juga mengajak konsumen untuk sama-sama bertanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial.

  • Menggunakan Jasa Influencer Marketing

Identifikasi influencer di Instagram yang relevan dengan merek atau industri anda dan mulai membangun hubungan. Beri mereka kontrol atas akun anda selama satu hari untuk takeover ( pengambil alihan ), atau hubungi mereka untuk bekerjasama dalam bentuk konten sponsor di akun mereka sendiri. Mensposori mereka dengan produk atau layanan anda bisa menjadi cara yang baik untuk mengekspos merek anda ke komunitas Instagram yang lebih besar. Meskipun banyak influencer yang akan mengenakan anda biaya mahal jika anda ingin bekerja sama dengan mereka, anda pasti bisa menemukan influencer yang mungkin memiliki lebih sedikit followers dan jangkauan tetapi masih sesuai dengan budget. Starbucks juga melakukan cara ini untuk meningkatkan brand awareness.

Pada strategi-strategi diatas maka Starbucks membuktikan ia cepat beradaptasi dalam dunia digital yang ada dan dapat menjadikan dirinya sebagai perusahaan Coffee Shop yang masih bertahan saat ini serta menjadi perusahaan yang bergerak di bidang food & beverage terbaik di dunia pada saat ini. Jika perusahaan anda ingin bertransformasi kepada dunia digital, jangan ragu untuk menghubungi kami dan dapatkan konsultasi gratis.

%d bloggers like this: