Tips-Tips Email Marketing ini Dapat Membuat Bisnismu Berkembang! | SevenAds

Kegiatan marketing merupakan sebuah hal yang tidak bisa dilepaskan dalam berbisnis. Banyak kegiatan marketing yang bisa dilakukan dalam membuat usaha, salah satunya adalah Email marketingEmail marketing adalah salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Berikut adalah Tips Strategi Email Marketing yang Efektif untuk Bisnis mu.

Jenis-Jenis Email Marketing

Invitation Email

Invitation Email bertujuan untuk mengundang klien atau pelanggan kamu dalam acara yang kamu buat. Kamu bisa mengirim invitation email seminggu atau selambat-lambatnya satu hari sebelum acara tersebut berlangsung. Selain itu, invitation email dapat membantu kamu menjaga klien dan pelanggan kamu untuk selalu update dengan acara-acara perusahaan yang akan datang. 

Digest Email

Digest Email merupakan email marketing secara otomatis yang dihasilkan oleh mailing list elektronik. Dengan email ini, kamu dapat menentukan periode email tersebut digunakan. Contohnya dalam hari, minggu, bulan dan sebagainya. Lalu, kamu juga bisa membatasi penerima email ini, seperti 10 orang atau 100 orang dalam satu kali pengiriman. 

Newsletter

Newsletter adalah email marketing yang berisi informasi-informasi terkini atau informasi terkait promosi dari perusahaan mu sehingga loyalitas pelanggan tetap terjaga. Sebuah newsletter dapat dikirimkan secara berulang-ulang dan secara rutin, seperti setiap satu bulan sekali atau bahkan satu minggu sekali.

Strategi dalam Mengirim Email Marketing

Setelah mengetahui jenis-jenis email marketing, kamu juga memerlukan strategi dalam mengirim email marketing. Diantaranya: 

Perhatikan Subjek Email

Subyek email adalah hal yang utama untuk diperhatikan. Pikirkan subyek email yang dapat menarik perhatian serta mengandung ajakan untuk melakukan sesuatu. 

Ciptakan Tampilan Email yang Unik

Buatlah tampilan email yang menarik perhatian pelanggan dan mampu membuat pelanggan melakukan sesuatu di dalam email tersebut. Contohnya dengan menekan tombol untuk mendapatkan promosi atau membaca informasi lebih lanjut yang disajikan oleh perusahaan.

Membuat Permintaan Data Diri

Ketika hendak mengumpulkan database pelanggan, sebaiknya cukup ambil data yang penting, seperti alamat email yang dapat meningkatkan jumlah subscribe pada website atau blog kamu. Hindari meminta database terlalu banyak agar pelanggan tidak malas mengisi dan tidak mencurigai perusahaan mu, berkaitan dengan maraknya penyalahgunaan informasi di zaman ini.

Kumpulan Testimoni Pelanggan

Dalam email marketing, kamu juga bisa menyisipkan konten kumpulan testimoni pelanggan yang puas dengan produk atau jasa perusahaan mu. Hal ini ditujukan untuk menambah informasi dan kepercayaan calon pelanggan mu. 

Penawaran Promo

Untuk membuat pelanggan melakukan sesuatu dalam email, kamu juga bisa menawarkan promo yang menarik kepada mereka yang telah subscribe. Contohnya dengan memberikan kode promo atau promo khusus lainnya yang bisa kamu cantumkan dalam email marketing yang kamu kirim. Hal ini juga bisa kamu lakukan untuk mengapresiasi subscriber mu. Jangan lupa untuk mempertimbangkan aspek win-win solution bagi pelanggan yang ingin mendaftar list building email dan juga bagi calon pelanggan yang ingin mendapatkan sesuatu dari perusahaan.

Dengan memiliki pemahaman tentang jenis email marketing dan strategi yang dapat kamu  lakukan ketika ingin mengirimkan email, kamu bisa melakukan marketing dengan lebih tepat. Email marketing adalah salah satu kegiatan marketing yang efektif karena dapat menjangkau pelanggan secara luas dalam satu kali kirim dengan biaya yang terjangkau. 

%d bloggers like this: