Tips Menghadapi Persaingan Ketat di Dunia Bisnis Online | SevenAds

Menghadapi era revolusi industri 4.0, semakin ketat persaingan di berbagai sektor, salah satunya sektor usaha atau bisnis. Semakin majunya teknologi, semakin mudah untuk orang-orang membuat bisnis, mulai dari yang kecil sampai besar. 

Bisnis online meningkat pesat, karena sekarang siapa saja dapat memulainya. Walau begitu, untuk bersaing di dunia bisnis online, Anda tetap memerlukan strategi untuk dapat bertahan dan mengalahkan kompetitor-kompetitor lainnya.

Riset Terlebih Dahulu, Lalu Tentukan Target Pasar Bisnis Anda

Mengapa banyak bisnis online tidak bertahan lama? Itu karena kurang riset yang dilakukan oleh pemilik bisnis. Langkah awal yang harus dilakukan adalah riset lengkap mengenai bisnis yang akan dijalani dan menentukan target pasar bisnis. 

Anda dapat mendapatkan data-data ini melalui survei online, diskusi dengan calon konsumen, atau bahkan melakukan wawancara. Manfaatkan juga internet untuk mendapatkan informasi mengenai pasar bisnis Anda. 

Memiliki Unit Selling Point

Buatlah produk bisnis Anda berbeda dari yang lain, supaya produk Anda dapat stand out dari ribuan produk yang serupa. Anda dapat menonjolkan produk Anda dari segi bahan, segi visual, atau bahkan dari segi harga. Apapun itu, pastikan produk Anda memiliki unit selling point tersendiri yang menjadi ciri khas tersendirinya.

Tingkatkan Branding Melalui Media Sosial

Gunakan berbagai macam platform media sosial untuk meningkatkan branding bisnis Anda. Branding dilakukan untuk mengenalkan bisnis Anda ke orang-orang, yang dapat menjadi calon konsumen. Membuat konten-konten relevan yang sesuai dengan bisnis Anda, akan memberikan gambaran lebih mengenai bisnis yang Anda jalani. Branding yang baik juga dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen akan bisnis Anda, dan pada akhirnya dapat menjadi konsumen.

Selalu Mengembangkan Produk

Inovasi adalah salah satu langkah untuk menarik calon konsumen baru. Karen memiliki produk yang unik dan menarik tidak cukup, Anda harus juga selalu mengembangkan produk. Selalu lakukan riset, mulai dari apa yang sedang dicari konsumen saat ini. Dengan mengikuti trend kekinian, Anda dapat mengembangkan ide produk Anda supaya dapat menyesuaikan dengan apa yang sedang dicari konsumen saat ini. 

Menjaga Hubungan Baik Dengan Konsumen 

Dalam sebuah bisnis, Anda tidak hanya sekedar melihat tingkat penjualan produk, tetapi Anda juga harus memperhatikan layanan dan hubungan dengan konsumen. Gunakan dunia digital untuk berinteraksi dan menjalin hubungan yang baik dengan konsumen, seperti membalas komentar di media sosial, mengadakan giveaway atau memberikan diskon untuk pelanggan setia. Gunakan istilah “konsumen adalah raja” ketika bergerak di bisnis online.

Nah itu dia beberapa tips untuk mengembangkan bisnis online Anda! Jangan takut untuk memulai, karena kunci utama memulai sebuah bisnis adalah keberanian. Untuk Anda yang ingin meningkatkan marketing branding brand Anda silahkan konsultasikan kepada kami disini. SevenAds adalah digital agency yang bergerak dibidang digital dengan tiga services yang ditawarkan yaitu social media marketing, influencer marketing, dan digital marketing.

%d bloggers like this: