Tips Menggunakan WhatsApp Bisnis | SevenAds

Hadirnya aplikasi WhatsApp for Business. APK dari WhatsApp Bisnis ini pun bisa Anda dapatkan secara gratis lewat Play Store bagi yang memiliki device jenis Android. Berikut link download nya Cara pendaftaran WhatsApp Bisnis ini juga terbilang simple dan tidak jauh berbeda dengan aplikasi WhatsApp Messenger biasanya. Anda hanya diminta memverifikasi nomor handphone dengan kode verifikasi seperti biasa, dan mengisi identitas dasar lainnya. Perbedaan yang cukup mencolok pada bagian ini, adalah nama akun bisnis yang telah didaftarkan tidak dapat diganti alias terhubung secara permanen dengan akun WhatsApp Anda. Satu hal lagi yang perlu diingat, jika Anda mendaftarkan nomor yang sudah terdaftar sebelumnya pada aplikasi WhatsApp Messenger biasa, maka WhatsApp personal Anda tidak lagi bisa diakses dengan nomor yang lama.

Apa Itu WhatsApp Bisnis?

WhatsApp bisnis merupakan salah satu fitur pengembangan dari WhatssApp. Dengan aplikasi WhatsApp bisnis ini, Anda dapat lebih mudah untuk berinteraksi dengan para pelanggan, merespon pesan dan permintaan pelanggan dengan cepat, memperoleh informasi mengenai pelanggan dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini memang didesain secara khusus untuk para pengusaha kecil-kecilan agar bisa memudahkan bisnis para pengusaha kecil tersebut. Untuk menggunakan aplikasi ini Anda dapat mengunduhnya di Playstore ataupun pada Google Play. Tenang saja, aplikasi WhatsApp bisnis ini dapat diunduh secara gratis walaupun aplikasi ini dikhususkan untuk para pengusaha atau pebisnis.

Cara Mendaftar dan Menggunakan Aplikasi WhatsApp Bisnis

Berikut ini merupakan panduan cara mendaftar pada aplikasi WhatsApp bisnis yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Beberapa cara menggunakan WhatsApp bisnis antara lain adalah:

1. Mengunduh Applikasi WhatsApp Bisnis

Hal pertama yang pastinya harus Anda lakukan sebelum mendaftar pada aplikasi WhatsApp bisnis adalah mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Aplikasi WhatsApp bisnis ini dapat Anda unduh secara gratis tanpa dipungut biaya.

Anda dapat mengunduh aplikasi WhatsApp bisnis ini melalui Playstore ataupun melalui Google Play.

Namun untuk saat ini, aplikasi WhatsApp bisnis ini hanya tersedia atau hanya dapat diunduh oleh para pengguna Android saja. Dengan kata lain, pengguna IOS tidak dapat mengunduh aplikasi ini karena aplikasi ini belum tersedia di Appstore.

2. Melakukan Pendaftaran Untuk Akun WhatsApp Bisnis

Setelah Anda mengunduh aplikasi WhatsApp bisnis, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan akun Anda pada aplikasi WhatsApp bisnis yang telah diunduh sebelumnya.

Mekanisme pendaftaran akun WhatsApp bisnis ini sebenarnya sama dengan pendaftaran akun pada aplikasi WhatsApp biasa yaitu WhatsApp Messanger.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan setelah mengunduh dan menyetujui kebijakan yang telah dicantumkan adalah memasukkan nomor telepon Anda. Anda harus menggunakan nomor telepon yang berbeda dari nomor telepon pada WhatsApp messanger Anda.

Gunakanlah nomor telepon yang dikhususkan untuk keperluan bisnis saja, agar Anda bisa membedakan dan memisahkan antara kebutuhan pribadi dan kebutuhan bisnis. Selain itu, gunakanlah nomor telepon yang aktif agar sms verifikasi dari pihak WhatsApp bisnis bisa Anda terima.

3. Membuat Nama Bisnis dan Memferivikasi Kode

Langkah selanjutnya agar Anda terdaftar di WhatsApp bisnis adalah memasukkan kode verifikasi. Kode verifikasi yang akan dimasukkan merupakan kode yang telah dikirimkan oleh pihak WhatsApp ke nomor hp Anda melalui pesan singkat atau sms. Kode verifikasi tersebut merupakan kumpulan kode yang terdiri dari enam digit kode.

Ketikkanlah kode tersebut di tempat yang telah disediakan, lalu pihak WhatsApp bisnis akan memverifikasi kode tersebut apakah sesuai dengan kode yang diminta ataukah tidak sesuai.

Setelah akun Anda terverifikasi, langkah selanjutnya adalah menuliskan nama dari akun bisnis Anda. Tulislah nama bisnis Anda pada tempat yang telah disediakan.

Anda perlu mengetahui bahwa nama yang telah Anda tulis pada langkah ini tidak akan pernah bisa dirubah di lain waktu. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menulis nama bisnis atau usaha Anda agar tidak menimbulkan kesalahan yang tidak diinginkan.

4. Membuat System Respon Otomatis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa WhatsApp bisnis memiliki fitur respon otomatis seperti pesan sapaan dan balasan cepat. Sebelum akun WhatsApp bisnis Anda siap untuk digunakan, Anda perlu mengatur pesan respon cepat tersebut.

Untuk mengatur respon cepat pada WhatsApp bisnis, Anda hanya perlu mengetuk ikon tiga di pojok kanan atas, pilih pengaturan bisnis lalu pilihlah away message, greeting message, ataupun quick replies pada pilihan mesangging tools.

Setelah itu, ketikkanlah pesan yang ingin Anda kirimkan secara otomatis baik itu untuk away message, greeting message ataupun untuk quick replies.

5. Memberikan Pengkelompokan Customer

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh WhatssApp bisnis untuk Anda adalah adanya layanan untuk mengelompokkan customer atau pelanggan berdasarkan kategori yang diinginkan. Pengelompokkan customer tersebut dilakukan dengan menggunakan label.

Pengelompokkan customer menggunakan label ini sangatlah membantu Anda untuk mengatur pesan yang akan dikirimkan kepada pelanggan. Hal ini dikarenakan pesan antar kelompok pelanggan pasti memiliki konten yang berbeda.

Misalnya pesan untuk pelanggan baru pasti akan berbeda dengan jenis pesan yang harus dikirimkan kepada pelanggan yang sedang menunggu barang pesanannya. Oleh karena itu, pengelompokan pesan sangatlah berguna agar pesan yang dikirimkan dapat terorganisasi dengan baik.

Adapun cara mengelompokkan pesan menggunakan label adalah dengan mengklik titik tiga pada pojok kanan layar obrolan Anda dan customer. Setelah itu, buatlah label baru ataupun pilih label yang sudah ada kemudian klik simpan. Maka label baru Anda sudah dapat dibuat.

Itulah Informasi tentang 5 Tips menggunakan salah satu applikasi tentang digital marketing yaitu whatsapp bisniss untuk menunjang bisnis anda guna meningkatkan keefektifan berbisniss. Selamat mencoba..

%d bloggers like this: