Tips Membuat Marketing Campaign yang Tepat | SevenAds

Campaign yag diakukan sebuah perusaan biasanya guna untuk meningkatkan citra merek. Hal tersebut merupakan salah satu strategi marketing yang digunakan sebuah perusahaan untuk meningkatkan engangement dan membentuk brand image perusahaannya. Faktor utama keberhasilan campaign tersebut dengan meriset pasar, menganalisis konten, serta melihat campaign competitor. Oleh karena itu ada beberapa langkah penting yang tidak boleh terlewatkan saat membuat sebuah campaign di media sosial, yaitu:

Menentukan Pasar

Menentukan target pasar adalah hal yang paling dasar sebelum membuat campaign. hal yang harus diperhatikan untuk menemukan target pasar sebuah perusahaan yakni harus mengetahui terlebih dahulu ruang lingkup kebutuhan serta permasalahan yang dihadapi oleh calon konsumen. Hal tersebut yang sering disebut sebagai buyer persona. Melalui buyer persona, sebuah brand akan menyesuaikan dirinya sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Sebagai contoh, kita bisa melihat pertanyaan berikut terkait pentingnya persona:

  • Apa yang harus dilakukan orang saat ingin membagikan kesehariannya? Jawabannya, membuka internet.
  • Apa yang dapat membantu orang saat mencari informasi di internet? Jawabannya, membuka Search Engine.
  • Search Engine apa yang diyakini mampu memberikan informasi yang lengkap dan cepat? Jawabannya, Search Engine Google.

Dari ketiga pertanyaan di atas, kita bisa melihat bagaimana tahapan orang dalam menggunakan sebuah produk. Dalam hal ini, persona yang akan di tampilkan oleh Google adalah cepat dan lengkap. Mindset tersebut yang akhirnya menular ke pengguna dan mampu memberikan alasan mengapa mereka menggunakan produk Google.

Oleh karena itu, menentukan buyer persona bagi sebuah brand sangat penting untuk menunjang target pasar. Namun, sebelum menentukan buyer persona, kita harus menganaisis terlebih dahulu target pasar yang sesuai dengan produk kita.

Menganalisis Kompetitor 

Menjadikan competitor sebagai acuan itu bukan hal  yang salah. Melainkan hal tersebut membuat sebuah perusahaan termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi. Sehingga menganalisa competitor merupakan hal yang patut untuk dipertimbangkan karena hal itu memberikan wawasan bagi kita terhadap jenis campaign yang tepat. 

Memperhatikan Pesan Marketing

Salah satu hal penting yang dimiliki oleh marketing campaign adalah sebuah konten. Sebuah konten merupakan “nyawa” yang menentukan apakah campaign tersebut akan berhasil atau tidak. Oleh karena itu, menciptakan sebuah konten yang berkualitas harus lah ditopang dengan analisis konten yang kuat.

Dalam dunia marketing, setiap konten yang dibuat haruslah mengandung pesan marketing atau yang sering dikenal dengan istilah 3C, yaitu:

  • Communicative : Informasinya jelas dan tidak membingungkan pembaca.
  • Compelling : Informasinya harus menarik dan memiliki ciri khas (gaya bahasa dan visual)
  • Consistent : Informasinya harus konsisten.

Dalam hal ini, pesan marketing yang ditampilkan tidak selamanya dalam bentuk teks. Di media sosial, terdapat beragam jenis post yang mampu meningkatkan pesan marketing yang dibuat, baik itu dalam bentuk video, foto dan lainnya. Jika memerlukan bantuan untuk menjalankan campaign marketing yang tepat dapat kunjungi https://www.sevenads.id/contact-us/

%d bloggers like this: