Tips Marketing Untuk Penjualan Produk Jasa! | SevenAds

Saat ini banyak model bisnis yang bermunculan di berbagai bidang. Salah satunya adalah bisnis industri jasa. Namun terkadang masih ada sebagian orang yang bingung mengenai strategi atau cara mempromosikan pengembangan bisnis di industri jasa karena tidak menjual barang riil.

Namun, sebelum kami menjelaskan lebih lanjut strategi mana yang dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis di industri jasa, kami akan menjelaskan beberapa kegiatan pemasaran. Secara umum, aktivitas pemasaran berkaitan dengan gabungan dari beberapa aktivitas bisnis.Dua faktor yang mempengaruhi aktivitas pemasaran, yaitu:

Faktor mikro meliputi perantara pemasaran, pasokan, pesaing, dan masyarakat.

Faktor makro meliputi populasi atau ekonomi, politik atau hukum, teknologi atau alam, dan masyarakat atau budaya.

Dua faktor berikut ini sangat memengaruhi kepuasan pelanggan menggunakan layanan yang diberikan dan pemahaman publik tentang bisnis Anda.

Baca juga: Mau Bisnis Mu Terus Berkembang? Wajib Pelajari 5 Macam Branding ini!

Strategi apa yang dapat mendorong perkembangan bisnis industri jasa?

Kamu dapat menggunakan strategi aktivitas berikut untuk mempromosikan pengembangan bisnis di industri jasa:

Memberikan layanan yang berkualitas

Selalu berikan layanan berkualitas atau layanan terbaik kepada pelanggan kamu. Gunakan layanan yang diberikan agar pelanggan kamu merasa puas, sehingga pelanggan dapat memberikan saran penggunaan layanan kamu kepada orang terdekat bahkan pemula. Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan keuntungan yang banyak karena dapat menghemat banyak biaya promosi.

Bisa dipercaya

Jika bisnis kamu di industri jasa, kepercayaan merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, bangunlah hubungan yang erat dengan pelanggan. Misalnya, dengan mengambil pendekatan yang dipersonalisasi, kamu dapat menanyakan kesan mereka terhadap layanan yang kamu berikan, dan jangan lupa untuk meminta saran untuk mengembangkan bisnis kamu. Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui apa yang diinginkan pelanggan kamu.

Gunakan jejaring sosial

Di era digital ini, penggunaan internet sudah menjadi fenomena yang lumrah di masyarakat. Hampir semua orang sudah memiliki akun jejaring sosial. Pelanggan kamu mungkin sudah ada di jejaring sosial. Karenanya, jika bisnis kamu mulai menyentuh jejaring sosial, tidak ada salahnya. Karena ini bisa dijadikan sebagai media untuk mempromosikan bisnis kamu. Dengan menggunakan metode tertentu, kamu juga dapat mengetahui berapa banyak saran yang dimiliki pengguna jejaring sosial untuk layanan yang disediakan.

Baca juga: Tren Digital Marketing Untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Bergabunglah dengan komunitas

Misalnya, jika bisnis kamu adalah layanan perawatan hewan peliharaan (perawatan, perawatan hewan peliharaan, dll.), kamu dapat menjadi anggota asosiasi pecinta anjing atau kucing. Dengan menggunakan beberapa metode teknis, kamu dapat mulai memberikan layanan secara bertahap. Atau, bila sumber daya kamu dapat diklasifikasikan sebagai cukup, kamu dapat membentuk komunitas sendir dani bekerja sama dengan layanan yang disediakan.

Melakukan kegiatan yang bersinergi dengan usaha dan ketulusan

Jika kamu melakukan semua aktivitas yang berkaitan dengan layanan kamu, lakukan dengan itikad baik, terutama ketika layanan tersebut dapat digunakan untuk membantu seseorang mencapai tujuannya. Misalnya ketika kamu memiliki bengkel mobil, dan  memiliki kenalan yang ingin memodifikasi mobil tersebut. Mobil tersebut telah memenangkan kejuaraan dan meraih penghargaan, kemudian berita ini dimuat di media massa. Oleh karena itu, secara tidak terduga, layanan dan jasa binis kamu dapat dipublikasikan di media. Buat semakin banyak orang memahami layanan jasa kamu.

Ingat, semuanya berdasarkan kepercayaan. Semoga semua yang kamu lakukan dapat memberikan layanan terbaik sehingga pelanggan dapat percaya dengan layanan yang diberikan. Karena pada dasarnya semua jenis bisnis memiliki prinsip yang sama yaitu bagaimana cara memuaskan pelanggan agar dapat merekomendasikan bisnis ke lingkungan publik.

%d bloggers like this: