Tips Dalam Mendeteksi Internet Hoax di Zaman Now | SevenAds

Pada Zaman atau era saat ini, sudah banyak sekali yang mengandalkan sebuah jaringan internet. karena dalam internet dapat memudahkan kita untuk mengetahui banyaknya informasi, terutama dalam berbagai macam informasi yang akan kamu temukan dengan mudah. Namun, hal ini justru disalahgunakan oleh sebagian orang untuk menyebarkan berita bohong (hoax).

Apa Sih Itu Hoax ?

Hoax atau yang biasa disebut dengan Berita bohong atau berita palsu memiliki arti yaitu sebuah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Hal ini tidak sama dengan rumor, ilmu semu, maupun April Mop.

Bagi sebagian pihak, hal ini bisa dimanfaatkan untuk menghasut atau memprovokasi orang lain. Namun ada juga yang mengejar keuntungan dengan menarik sebanyak-banyaknya pembaca untuk mengkliknya. Padahal, menyebarkan hoax dapat merugikan pembacanya. Di beberapa negara, termasuk Indonesia, sudah ada undang-undang yang khusus mengatur penyebaran informasi dan transaksi elektronik.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui cara mengidentifikasi berita sebelum kamu membagikannya di media sosial atau aplikasi perpesanan. berikut ini hal-hal yang wajib kamu ketahui untuk mendeteksi apakah suatu berita termasuk hoax atau bukan:

1. Memberikan cek Kesesuaian dalam Judul dan Isi

Harus dicek kesesuaian antara judul dan isi beritanya. Jadi diharapkan, masyarakat tidak hanya membaca sebatas judul, lalu langsung menyimpulkan isinya. Tak sedikit berita yang muncul di internet menggunakan judul provokatif. Kalau demikian, coba cross check berita itu dengan menggunakan mesin pencari Google untuk memastikan apakah berita yang kamu baca, ditulis dan diterbitkan oleh situs berita lain.

2. Pastikan memeriksa sumber berita melalui URL Situs Web

Kemudian, cek alamat situs web berita itu, atau URL-nya, jika berita yang kamu baca berasal dari situs yang memiliki alamat URL berbeda, misalnya .com.de. Masyarakat harus benar-benar memastikan sumber berita yang dibaca. Jika sumber berita telah terverifikasi oleh Dewan Pers, maka dapat lebih dipercaya.  karena sumber berita dari media online yang belum terverifikasi Dewan Pers, kemungkinan besar (dapat) berisi hoax

3. Mencari tau tentang Kredibilitas Penulis

Dalam melihat suatu berita bisa dikatakan asli atau palsu kita harus pun melihat dari background penulis. seperti contohnya masyarakat harus juga menelusuri kredibilitas sang penulis artikel, dengan mengecek bagaimana riwayat penulis dari berita tersebut. dalam kehidupannya baik dalam sejarah karier nya

4. Memeriksa kembali data pendukung

Terakhir, Memeriksa kembali data pendukung dari setiap berita seperti foto di dalam artikel berita. Terkadang pembuat berita palsu juga mengedit foto untuk memprovokasi pembaca. 

Caranya, download atau screenshot foto di artikel itu. Lalu, buka Google Images di browser dan seret (drag) foto itu ke kolom pencarian Google Images. Periksa hasilnya untuk mengetahui sumber dan caption asli dari foto tersebut. Kemudian yang terpenting, gunakan akal sehat kamu saat membaca berita, jangan mudah terpancing, dan jangan ragu mengecek keaslian atau kebenarannya

Itulah Tips yang bisa kalian ikuti untuk mengecek suatu berita palsu maupun berita asli dalam berita di internet. karena dalam dunia digital tersebut kita dituntut untuk bisa memberikan pengetahuan yang di dapat dari suatu berita yang ada di internet. mari bijak dalam memilih atau percaya dalam suatu berita.

%d bloggers like this: