Tips and Tricks dalam Membuat CopyWriting [Part 1] | SevenAds

Dalam membuat konten yang berkualitas, penting sekali untuk meningkatkan skill copywriting yang efektif yaitu untuk menarik pengunjung,  dan secara konsisten menghasilkan copy yang kuat dan berkualitas tinggi sehingga pesan yang ingin kita sampaikan dapat diterima baik oleh audiens.

Nah, berikut ini tips dan trik yang dapat diterapkan untuk menghasilkan copywriting yang lebih menarik dan efektif untuk menarik audiens:

1. Lakukan research mendalam

Untuk menghasilkan copywriting-nya yang baik harus diimbangi dengan research yang mendalam sampai ke dalam-dalam tidak hanya dipermukaan, serta dengan research dapat membantu anda menemukan inspirasi, menambah informasi, dan mengumpulkan informasi yang lebih menarik dari apa yang kita pikirkan.

Semakin banyak informasi yang kamu miki, maka semakin baik pula skill copywriting-mu.

2. Memperlihatkan Personality

Setiap penulis dan setiap merek memiliki suara unik, gaya, dan proposisi penjualan unik. Kepribadian digunakan untuk membedakan diri Anda dari pesaing dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar. Sebelum menerbitkan apa pun, pastikan itu menunjukkan dengan jelas kepribadian merek Anda termasuk suara, gaya, pilihan kata, nilai serta mencocokkan kebutuhan dan keinginan audiens target Anda.

3. Gunakan Headline yang menarik

Rata-rata, orang lebih banyak membaca judul daripada membaca salinan tubuh. Gunakan kata yang menarik perhatian sehingga dalam 1-5 detik, membuat audiens mengambil langkah untuk membaca tulisanmu lebih lengkap. Hanya dibutuhkan 1-3 detik untuk audiens memutuskan akan melanjutkan membaca atau tidak.

Oleh karena itu, saring informasi anda menjadi padat, jelas, dan menarik. Gunakan kata yang sesuai dengan target audiensmu.

4. Sederhanakan konten Anda

Menyederhanakan copy Anda tidak harus berarti membuang teknik penulisanmu atau menulis ke tingkat pemahaman siswa kelas sembilan. Ini berarti membuat pesan Anda jelas dan singkat sehingga audiens target Anda memahami maksud konten Anda secepat mungkin.

5. Berikan audiens apa yang mereka inginkan

Suatu restoran Itu bukan hanya mengenai makanan enak, harga murah, atau lokasi yang bagus. Kunci kesuksesan setiap restoran adalah kerumunan yang kelaparan. Anda mulai dengan sekelompok orang yang telah menunjukkan rasa lapar mereka, dan kemudian Anda memuaskan kebutuhan itu.

Anda tidak dapat menciptakan keinginan; Anda hanya bisa menyalakan dan menyalurkannya. Konten dan copy yang hebat memberi audiens Anda persis seperti yang mereka inginkan. Jadi, kamu harus tahu apa yang audiens-mu ingini dan apa kebutuhannya.

6. Tell a Story

Bercerita melalui copywriting yang anda buat dapat menarik peminat audiens-mu untuk membaca dan mengenali tentang brand atau produk-mu lebih dalam sehingga membangun suatu hubungan intim antara brand dan audiens.

Buatlah seolah-olah kamu sedang bercerita dengan seorang teman, sehingga kamu perlu menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti dan ringan sehingga audiens dapat mengerti isi cerita dan pesan apa yang ingin kamu sampaikan.

7. Jangan Berlaku Paling Pintar

Sebagai penulis dan pemasar konten yang senang bermain dengan kata-kata, terkadang tidak apa-apa, tergantung pada kepribadian merek Anda dan jenis konten.Namun, jangan menggunakan kata-kata yang mengurui sehingga terkesan kamu adalah yang paling pintar tapi buatlah kata yang cerdas dengan menonjolkan brand dan tidak terlihat hardselling, hal tersebut akan semakin efektif bagi anda.

8. Break the Rules

Tips copywriting ini mungkin tampak kontra-intuitif, tetapi penulis terbaik tahu kapan dan bagaimana melanggar aturan tata bahasa, sintaksis, dan mekanik yang tepat. Akan lebih baik melakukan konsep “thinking with out the box” sehingga Anda dapat berkreasi seluas-luasnya tanpa terpaku dengan satu konsep pemikiran saja.

Namun, tetap perhatikan kata-katamu agar tetap sopan dan tidak menyakiti pihak manapun dengan perkataan yang tidak baik.

%d bloggers like this: