Tingkatkan penjualan dengan strategi Direct Marketing | SevenAds

Banyak dari kalian yang belum benar-benar memahami atau bahkan tidak tau apa itu direct marketing. Jadi, apa si direct marketing itu? direct marketing adalah pemasaran langsung yang digunakan sebagai strategi untuk menciptakan hubungan baik dengan konsumen. Hal ini menjadi sebuah aktivitas yang selalu dilakukan bagi penjual dan pembeli baik secara langsung maupun tidak namun, direct marketing biasanya lebih sering dilakukan di media. 

Tujuan jangka panjang sebuah perusahaan adalah untuk membangun loyal customer (konsumen setia). Hampir semua perusahaan yang menggunakan direct marketing menggunakan perantara media hal itu hanya memberikan komunikasi satu arah dari si pengirim pesan (perusahaan)  sehingga penerima pesan (konsumen) tidak dapat merespon langsung apa yang disampaikan. 

Direct marketing yang dilakukan dengan perantara media gunanya untuk mendapatkan respond konsumen hal tersebut  berguna mendapatkan calon potensial konsumen yang akan perusahaan dapatkan. Secara keseluruhan direct marketing ini berfokus dengan kebiasaan yang dilakukan konsumen. Berikut hal- hal dibawah ini yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan dengan strategi Direct Marketing:

Direct Advertising

Kalau sudah menggunakan kata advertising pasti selalu berhubungan dengan iklan. Iklan yang ada didalam direct marketing ini menyampaikan pesan yang gunanya untuk meningkatkan emosi konsumen untuk membeli barang sehingga pesan yang kemas harus bersifat persuasive secara tidak langsung menyampaikan pesan yang tersirat. 

Direct Selling 

Didalam direct selling disini menjual sebuah produk yang akan ditawarkan melalui sales promotion hal tersebut membuat konsumen mengetahui tentang produk yang ditawarkan. 

Email Marketing

Tindakan atau aktivitas mengirim pesan komersil seperti promo, penawaran produk, diskon, penawaran membership dan informasi yang akan diberikan oleh perusahaan kepada konsumen. Hal ini sangan berguna untuk menyampaikan pesan untuk membangun hubungan baik dengan konsumen.

Memberikan kupon 

Saat melakukan direct selling yang akan dibantu oleh sales promotion memberikan kupon voucher/diskon kepada konsumen sangat efektif untuk mendatangkan konsumen kembali membeli produk tersebut. 

Hal diatas memiliki manfaat untuk tetap menjaga hubungan baik serta secara tidak langsung perusahaan dapat mengetahui kebiasaan yang dilakukan konsumen serta mendapatkan respond dari konsumen.

%d bloggers like this: