Strategi Marketing Bisnis Melalui Instagram Yang Harus Kamu Lakukan di Tahun 2021! | SevenAds

Instagram merupakan media sosial yang dapat digunakan untuk mendorong perkembangan bisnis yang menargetkan pelanggan potensial ke consumer yang relatif muda dengan mengandalkan model bisnis B2C (Business to Customer). 

Baca juga: Algoritma Instagram Terbaru Buat Bisnismu Jadi Kacau, Mitos Atau Fakta?

Tahukah kamu? 72% orang membeli produk setelah melihat iklan produk tersebut melalui Instagram? Ini menjadikan Instagram salah satu media sosial terbaik untuk pemasaran media sosial untuk bisnis kamu, lho. Namun, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari Instagram, kamu tidak hanya bisa memposting gambar atau video saja. Kamu juga membutuhkan strategi yang jitu agar bisnismu bisa menarik pengguna Instagram.

Berikut beberapa Strategi Marketing Bisnis Melalui Instagram Yang Harus Kamu Lakukan di Tahun 2021:

Gunakan akun Instagram bisnis

Metode pertama harus digunakan sebelum melanjutkan ke strategi berikutnya. Karena akun bisnis memudahkan calon pelanggan untuk menghubungi kamu dan memberikan kesan yang lebih profesional pada bisnis kamu.

Selain itu, akun Instagram komersial (Instagram for Business) juga memiliki beberapa fitur yang tidak tersedia di akun Instagram pribadi. Beberapa dari fitur tersebut adalah dapat membuat iklan Instagram dan juga dapat mengakses Insights. Wawasan ini adalah fitur yang berguna untuk menganalisis dan memberikan informasi statistik tentang akun kamu.

Optimalkan profil bisnis Anda

Kamu juga harus menggunakan nama pengguna dengan nama perusahaan. Selain mudah ditemukan, orang tidak akan salah ditandai saat memposting atau berkomentar. Namun, jika nama perusahaan sudah pernah digunakan oleh orang lain, kamu bisa menambahkan kata setelahnya. Ingat, kata-kata di belakang juga harus terkait dengan bisnis kamu agar mudah dikenali. Jangan lupa untuk menambahkan foto profil yang sesuai dengan brand kamu, ya!

Gunakan fitur Instagram story

Instagram Story biasanya berbeda dengan konten Instagram. Stories hanya berlangsung 24 jam. Seperti yang kamu ketahui, fitur ini juga memiliki banyak manfaat untuk bisnis, dan juga memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis konten lainnya, lho!

Baca juga: Cara Mudah Promosikan Bisnis Melalui Instagram Stories

Repost foto atau cerita pengikut

Bukankah menyenangkan dapat membuat konten untuk akun perusahaan kamu tanpa banyak usaha? Nah, kamu bisa melakukan ini dengan menggunakan foto atau cerita yang diposting oleh pengikut kamu! Caranya juga tidak sulit. Cukup umumkan di postingan atau instagram bahwa kamu akan me-repost konten feeds atau instastory yang mereka tag ke akun kamu

Buat Caption yang Menarik

Menulis caption memang kadang bisa menjadi proses yang sulit. Coba kamu ingat-ingat kapan terakhir kamu bisa menulis caption dalam sekali coba tanpa menghapus kata-katanya sama sekali? Caption yang menarik bisa membuat orang berlama-lama dalam postingan kamu, sehingga bisa meningkatkan engagement kamu

Masukkan CTA

CTA atau call-to-action merupakan instruksi untuk mengajak atau mengarahkan pembaca untuk melakukan sesuatu. Anda bisa menuliskan “Mention teman Anda yang kira-kira butuh produk ini,” atau “Like jika postingan ini membantu.”

Kamu juga bisa mengiming-imingi sesuatu dalam CTA. Misal, “Komen di bawah untuk mendapatkan kode promonya,” atau “Share postingan ini ke lima temanmu dan kirimkan screenshot-nya via DM untuk mendapatkan diskon.”

Masukkan Rincian Kontak yang Bisa dihubungi di Bio Kamu

Hal selanjutnya yang harus ada pada profil instagram kamu yaitu kontak yang bisa dihubungi oleh calon klien ketika tertarik dengan bisnis kamu. Misalnya alamat website, nomor telepon, nomor WhatsApp, atau id Line.

Bekerjasama dengan Influencer atau Selebgram

Influencer adalah seseorang yang memiliki jumlah follower yang banyak dan punya pengaruh besar bagi follower mereka. Biasanya influencers adalah selebritis, selebgram, atau youtuber. Dalam sebuah artikel oleh Inversp mengatakan, 40% pelanggan akan melakukan pembelian setelah melihat produk yang digunakan oleh influencer di media sosial.

Well, Instagram yang dulunya hanya aplikasi berbagai gambar, sekarang menjelma menjadi tempat bagi bisnis untuk melebarkan sayapnya. Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif perbulannya, Instagram bisa menjadi tempat terbaik untuk meningkatkan brand awareness dari bisnis Anda. Memang menarik perhatian dari satu miliar pengguna tersebut tak mudah, tapi bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Caranya adalah dengan membuat konten berkualitas yang bisa meningkatkan engagement dari followers kamu!

Jadi, buatlah konten dengan visual yang menarik, serta dikombinasikan dengan caption yang menggugah serta hastag yang unik. Dan jangan lupa untuk menarik banyak perhatian publik dengan bantuan serta kerjasama dengan influencer ya! Dengan itu, maka kamu akan selangkah lebih dekat dengan kesuksesan online yang selama ini kamu mimpikan.
Ingin tahu influencer mana saja yang cocok dan worth it untuk bisnis kamu? Konsultasikan dengan kami disini, yuk!

%d bloggers like this: