Strategi Integrated Marketing Communication untuk Branding | SevenAds

Sebuah brand yang menawarkan produk terhadap khalayak tentunya melakukan berbagai hal untuk mencapai target penjualan yang diharapkan, termasuk konsep 4P yang disebutkan oleh E. Jerome McCarthy yaitu konsep yang merumuskan elemen produk, harga, tempat, dan promosi. Kegiatan promosi yang dimaksud terdiri dari berbagai strategi, salah satunya adalah Integrated Marketing Communication (IMC) atau lebih dikenal sebagai komunikasi pemasaran terpadu yang juga sempat digunakan oleh biro iklan asal Minneapolis bernama McElligot untuk menarik brand-brand seperti McDonald’s, United Airlines, hingga Arch Deluxe sebagai client mereka.

Oleh karena itu, ada baiknya para pelaku kegiatan pemasaran mempelajari lebih lanjut mengenai komunikasi pemasaran terpadu yang terdiri dari beberapa hal, yaitu:

Iklan

Pada umumnya, iklan telah menjadi kegiatan pemasaran yang tidak asing digunakan oleh berbagai brand. Dengan beriklan di berbagai sosial media maupun televisi sebuah Brand dapat dipastikan awareness sebuah Brand akan meningkan dan juga meningkatkan penjualan. 

Public Relation 

Public relation merupakan seni untuk mengembangkan komunikasi dua arah antara khalayak dan brand yang bersifat timbal balik untuk membangun kepercayaan dan kesan positif bagi perusahaan ataupun brand. Tujuan dari adanya kegiatan ini adalah untuk membangun citra yang baik, bukan hanya terhadap produk dari sebuah brand, tetapi juga karakteristik dari brand itu sendiri. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam public relation adalah membangun relasi dengan pers, melakukan publikasi, komunikasi terhadap kegiatan internal perusahaan, dan memberikan konseling terhadap khalayak.

Adapun hal-hal yang menjadi implementasi dari berbagai kegiatan public relation yaitu dengan melakukan kegiatan sponsorship terhadap suatu acara, melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk berperan aktif terhadap sosial sehingga mewujudkan citra perusahaan yang baik, dan sebagainya.

Direct Selling

penjualan langsung (direct selling) berbeda dari pemasaran langsung (direct marketing). karena ini adalah tentang bagaimana agen penjualan secara individu mencapai dan berhubungan langsung dengan klien. Pemasaran langsung (direct marketing) adalah tentang bagaimana organisasi bisnis mencari hubungan dengan pelanggan mereka tanpa melalui agen/konsultan atau outlet ritel. 

Penjualan langsung sering, namun tidak selalu, menggunakan multi-level marketing (penjual dibayar untuk menjual dan penjualan yang dilakukan oleh orang-orang yang merekrut atau mensponsori) daripada single-level marketing (penjual dibayar hanya untuk penjualan).

Sales Promotion

Pernahkah kamu membeli produk dengan promo beli 2 gratis 1? Kasus tersebut merupakan contoh dari kegiatan sales promotion adalah langkah paling efektif untuk menambah volume penjualan suatu brand secara cepat. Pada dasarnya , sales promotion adalah strategi penjualan produk dengan menambahkan nilai lebih bagi konsumen, baik itu potongan harga maupun hadiah-hadiah menarik lainnya.

Interactive Marketing

Interactive marketing atau proses pemasaran secara interaktif menurut Kotler dan Keller dalam buku ‘Marketing Management’ adalah suatu langkah pemasaran yang memungkinkan adanya keterkaitan yang lebih signifikan antara brand dengan konsumen. Salah satu contoh dari kegiatan interactive marketing adalah Customer Service Center, yang merupakan layanan keluhan, saran, maupun kritik dari konsumen.

Dengan adanya interactive marketing, konsumen dapat mempertanyakan lebih lanjut mengenai produk dari brand hingga memberikan keluhan atas kekurangan sebuah brand. Kegiatan interactive marketing ini umumnya paling sering dilakukan oleh perusahaan-perusahaan jasa seperti jasa pinjaman, jasa internet, dan sebagainya.

Personal Selling: Face-to-Face

Terakhir adalah personal selling yang merupakan strategi penjualan yang dilakukan secara pribadi atau perorangan kepada konsumen secara face-to-face. Penjualan secara pribadi ini mencakup kontak dari satu orang ke satu orang lainnya yang mana adalah konsumen dengan tujuan memperkenalkan brand dan produk kita, meyakinkannya tentang nilai produk, dan kemudian melakukan penjualan atau transaksiIni merupakan cara marketing paling efektif karena bisa dilakukan penyesuaian secara personal, namun biaya untuk melakukannya tidaklah murah.

%d bloggers like this: