Strategi Influencer Marketing Yang Tepat Untuk Bisnis Anda | SevenAds

Dalam dunia bisnisi saat ini sangat banyak bermunculannya bisnis- bisnis baru (startup) setiap harinya dan hal ini pun menjadikan hambatan untuk para pebisnis baru. salah satu hambatanya yaitu semakin sulit bagi para pebisnis startup untuk dapat dikenal oleh banyak orang dan membuat pembeda dengan kompetitor laiinnya.

Dalam meningkatkan bisnis startup agar dapat berkembang dengan pesat yaitu kita perlu meningkatkan brand awareness guna memberikan rasa loyalitas yang tinggi terhadap konsumen dan salah satu cara yang ingin kita ulas saat ini dengan memanfaatkan pemasaran Influencer.

Apa Itu Influencer Marketing?

Influencer Marketing adalah metode untuk mempromosikan dan menjual produk atau jasa bisnis Anda melalui orang-orang yang memiliki tingkat pengaruh yang tinggi pada kelompok atau pasar tertentu. Influencer sendiri memiliki pasar atau audiens besar yang mempercayai mereka. Dan karenanya, mereka dapat berpotensi membuat publik atau konsumen mempercayai bisnis startup Anda. Yang disebut dengan influencer ini contohnya seperti artis, selebgram, youtuber, blogger, dan sebagainya, yang dipilih berdasarkan popularitas, keahlian, atau reputasinya.

Terdapat dua jenis Influencer itu sendiri, yaitu Micro dan Macro Influencer. Penting untuk memahami perbedaan antara Micro Influencer dan Macro Influencer. Serta bagaimana masing-masing dari mereka akan menguntungkan bisnis startup Anda melalui kampanye pemasaranbisnis.

Perbedaan signifikan antara kedua jenis Influencer tersebut terletak pada jumlah masing-masing pengikut (followers) mereka. Seseorang bisa dikategorikan sebagai Micro Influencer jika mereka memiliki 1.000 sampai 100.000 pengikut. Sedangkan Macro Influencer memiliki pengikut lebih dari 100.000. Lalu, apa artinya hal tersebut bagi strategi pemasaran bisnis Anda?

Apa saja Media Yang di Gunakan Oleh Influencer ?

Instagram

Pertama, Bentuk kerja sama yang paling umum dengan Influencer yang menggunakan akun Instagram sebagai platform utama mereka adalah postingan yang disponsori (Sponsored Post). Tergantung dari masing-masing Influencer, mereka dapat menawarkan addon untuk memperkuat postingan mereka melalui Instagram Stories. Sebagai gantinya, mereka akan meminta imbalan jasa dalam bentuk uang tunai atau dalam bentuk produk yang bisnis Anda jual.  Anda dapat membuat negosiasi yang berbeda atau mengembangkan penawaran yang sama untuk setiap Influencer yang bekerja sama dengan Anda.

Twitter

Kedua, Twitter adalah platfrom yang atau layanan jejaring sosial  yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet).  Para twitter Influencer ini adalah orang yang aktif menggunakan twitter serta dapat meng influence banyak orang dari kicauan (tweet) yang ia lakukan. hal ini juga banyak dilakukan walaupun saat ini orang-orang tidak terlalu fokus menggunakan twitter tetapi masih masih berlaku.

Youtube

YouTube adalah salah satu media yang paling banyak digunakan oleh banyak orang saat ini antara lain di mana Anda dapat berkolaborasi dengan pembuat konten untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Namun, Anda mungkin harus membayar insentif lebih untuk konten yang dibuat oleh YouTuber daripada Blogger atau Influencer Instagram dengan jumlah pengikut yang sama. Sama dengan postingan blog, konten video di YouTube bisa diakses kapanpun tanpa perlu takut akan tertimpa unggahan baru dari Youtuber lain.

Blog

Blogger adalah sebuat seorang influencer dalam media blog. bisa dikatakan bahwa seorang blogger merupakan bagian dari populasi para Influencer. Manfaat menggunakan postingan di blog yang tersponsori adalah terkandungnya informasi yang lebih mendetail dan lebih relevan terhadap apa yang ingin konsumen/pembaca dapatkan. Seringkali, postingan konten di media sosial mungkin akan mendapatkan pengaruh tinggi secara langsung, namun itu hanya bersifat sementara. Selanjutnya postingan di media sosial akan tergantikan oleh feed baru setiap harinya. Sedangkan untuk postingan blog dapat dicari dan dapat diperbarui kapanpun.

TikTok

Yang terakhir ini adalah TikTok, Dengan perkembang platfrom atau media yang ada saat ini, membuat Tiktok yang tadinya hanya sekedar platfrom untuk menampilkan hiburan. sekarang Tiktok dapat menjadi salah satu media online untuk melakukan promosi guna meningkatkan brand dalam produk atau jasa bisnis anda. sampai saat ini pun tidak sedikit orang yang menggunakan tiktok dan membuat strategi dalam memasarkan suatu produk yang dikmas secara kreatif dan inovatif. Para influencer TikTok ini sudah cukup banyak dari yang remaja sampai orang tua.

Nah, Itulah ulasan mengenai strategi influencer marketing yang sedang menjadi pusat perhatian saat ini. sampai banyak sekali orang-orang yang berbondong-bondong ingin menjadi seorang influencer dan sedikit penjelasan tentang media apa yang dipakai dalam memasarkan produk yang ada. jika anda masih bingung memilih influencer yang tepat untuk mempromosikan produk anda jangan khwatir karena kami punya solusinya

%d bloggers like this: