Shadow Ban, Algoritma Baru Instagram Yang Bikin Content Creator Gregetan! | SevenAds

Sudah kah kamu tahu kalau ada yang berubah dari Instagram? Yang baru saja berubah dari instagram ialah Algoritma instagram. Algoritma instagram yang baru ini berdampak sama penurunan engagement dan followers di akun kita.

Penggunaan hashtag yang saat ini tidak berfungsi secara maksimal, engagement yang turun drastis dan followers yang perlahan berkurang. Hal inilah yang disebabkan oleh perubahan yang terjadi pada algoritma instagram. 

Sebelum membahas lebih jauh, apa itu algoritma Instagram? Algoritma Instagram adalah sebuah rumus Instagram untuk menentukan post mana yang akan ditampilkan pada halaman feed orang-orang ketika mereka membuka Instagram. Perubahan algoritma Instagram yang baru saja terjadi disebut dengan Shadow Ban. 

BACA JUGA: Tipuan Marketing Yang Tidak Kamu Sadari: ACTION PARALYSIS

Shadow Ban

Merupakan sebuah perubahan algoritma yang terjadi pada instagram dengan cara pembatasan atau blokir pada sebuah akun sehingga membatasi konten yang diunggah untuk bisa menjangkau audiens yang lebih luas. Shadow Ban sendiri dikatakan bahwa sebagai salah satu cara Instagram untuk mengurangi banyak nya fake account dan akun span yang mengunggah hal-hal yang tidak pantas. 

Di lain sisi, algoritma ini menjadi sebuah bencana bagi para kreator. Terlebih sebuah perusahaan yang bergerak di bidang digital, influencer, bisnis digital yang menjadikan Instagram sebagai platform utama nya dalam menjalankan online marketing. 

Lalu, hal seperti apa yang harus dilakukan untuk menghindari Shadowban ini? 

  1. Jangan melakukan komen, follow, atau aktivitas di Instagram secara masif dalam waktu bersamaan. Instagram akan mendeteksi akun mu sebagai akun bot yang kemungkinan akan diblokir. 
  2. Gunakan lah likes dan komen serta followers yang original
  3. Jangan menggunakan hashtag yang tidak relevan dengan konten yang disajikan. 

Mungkinkah kita terhindar dari Shadow Ban namun engagement tetap terjaga? SANGAT MUNGKIN. 

Buatlah sebuah konten yang bermanfaat dan berkualitas sehingga followers akan tetap setia dan tidak berpengaruh pada engagement karena loyalitas dan kebutuhan yang dirasakan oleh followers. Walau algoritma berubah-ubah hal ini tidak akan berpengaruh pada engagement mu dengan para followers jika konten dibuat sesuai dengan objektif bisnis kamu. 

Jadi, apakah kamu salah satu yang merasakan dampak dari Shadow Ban? 

%d bloggers like this: