Seberapa Pentingkah Konten Marketing Dalam Digital Marketing? | SevenAds

Dalam bermain sosial media, tidak lain yang kita nikmati ialah sebuah konten. Menurut para digital marketer mengungkapkan bawa, “Content is a king. Distribution is a king.

Sebagian orang mungkin bertanya-tanya mengapa konten begitu penting sampai-sampai disebut sebagai “raja”? Karena audience setiap hari nya ketika melakukan aktivitas di digital, yang mereka cari ialah konten yang menarik, bukan mencari sebuah iklan. Hal inilah yang membuat sebuah content marketing dianggap sangat penting untuk menjadi bagian dalam strategi marketing dari sebuah brand. 

Content marketing adalah perpaduan dari content dan marketing. Sebuah brand membuat konten yang menarik dan disukai oleh para audience namun disisi lain tetap mengandung value dari bisnis kita. 

Salah satu contoh sederhana nya adalah web series berjudul “Mengakhiri Cinta Dalam 3 Episode” dari Toyota Indonesia dan cerita films. Web series nya merupakan sebuah content. Karena bekerja sama dengan brand Toyota Indonesia, maka web series MCD3E dari Toyota Indonesia sama dengan content marketing

Content marketing dapat berupa berbagai bentuk. Artikel, e-book, video, infografik, hingga webinar. Tiap konten memiliki tujuan nya tersendiri, yang disesuaikan dengan misi atau strategi yang ingin dicapai oleh sebuah brand, bisa konten menghibur, edukasi, inspirasi maupun persuasi. 

Mari kita bahas 2 bentuk dari content marketing, dibawah ini;

Article / blog 

Artikel merupakan salah satu jenis konten yang paling mudah untuk diproduksi. Artikel biasanya menjadi salah satu konten yang penting bagi website/blog dari sebuah brand. Konten berupa artikel ini dimaksudkan agar membentuk company profile yang baik.

Manfaat dari sebuah artikel blog:

  1. Membuat audiens memiliki alasan untuk kembali mengunjungi website
  2. Session duration yang lebih lama
  3. Membantu SEO untuk masuk ke dalam website kita. 

Web Series

Web series adalah sebuah video berkelanjutan yang tayang dalam kurun waktu tertentu di internet. Web series juga masuk di kategori branded videos. Banyak sekali brand yang sudah menggunakan web series sebagai content marketing nya. 

Manfaat dari web series:

  1. Bertahan lama dan bisa ditonton ulang
  2. Engaging, emosional dan mudah untuk di share
  3. Pesan dan placement brand dapat dimasukan secara halus (soft-selling) 

Berikut ini contoh web series dari beberapa brand yang sukses digemari oleh para audiens:

  1. Tropicana Slim – ‘SORE’

2. Toyota – Mengakhiri Cinta Dalam 3 Episode 

3. Smartfen – Lady Giga

Menjadikan web series sebagai content marketing memang membutuhkan budget yang tidak murah. Proses produksi nya pun membutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak mudah. Resource, budget dan waktu yang lumayan besar sangat diperlukan agar yang dihasilkan pun maksimal, karena jenis konten ini sifat nya untuk long-term marketing. 

Content marketing akan menjadi sebuah pintu masuk atau yang disebut dengan top of the funnel (TOFU) bagi target audiens kita, yang pada akhirnya akan menjadi sebuah call to action dengan membeli produk  kita di bagian bottom of the funnel (BOFU)

Jadi, sudah menentukan manakah content marketing yang tepat dan sesuai untuk brand mu? Kalau bingung, segera konsultasikan disini

%d bloggers like this: