Hari gini, kamu masih belum bedain target market dan target audiens? Waduh, kumpul sini! Kita kupas habis semua perbedaannya biar kamu nggak ketuker lagi!
Target Market Tuh Apa?
Target market adalah kelompok pelanggan secara keseluruhan yang perusahaan harapkan untuk membeli produk atau jasanya. Biasanya, ini terdiri dari sekelompok orang yang punya ciri yang sama, seperti wilayah tempat tinggal, preferensi jenis produk, dan sebagainya.
Target Audiens Tuh Apa?
Target audiens adalah kelompok yang lebih sempit dan lebih rinci dari target market yang kamu harap bisa melihat siasat marketing yang kamu buat. Target audiens biasanya lebih spesifik lagi, berbeda dari target market yang luas.
Perbedaannya di Mana?
Jumlah orang
- Target market: kelompok orang secara keseluruhan
- Target audiens: kelompok orang yang lebih spesifik
Kemungkinan untuk membeli produk
- Target market: tidak dijamin akan membeli produk karena tidak punya ketertarikan khusus
- Target audiens: kemungkinan untuk membeli produk tinggi karena memiliki hubungan yang erat dengan produk atau jasa.
Contohnya?
Anggap aja kamu punya brand produk sabun bayi. Jadi, yang jadi target pasar itu si bayi karena yang akan pakai sabunnya adalah si bayi. nah , yang akan jadi target audiensnya adalah orang tua yang beli produk kamu itu.
Intinya, target market dan target audiens itu saling berhubungan tapi punya peran yang beda-beda Target market lebih fokus ke siapa yang sebenarnya pakai produk, sementara target audiens itu tujuan komunikasi kita. Udah jelas, kan?