Apa Itu Digital Activation?
Digital activation adalah strategi pemasaran yang sering digunakan oleh brand-brand untuk mendekatkan diri dengan audiensnya melalui penggunaan media digital. Digital activation mencakup berbagai strategi dan taktik untuk mengumpulkan audiens di media digital. Penggunaan strategi digital activation bertujuan untuk membuat interaksi yang bermakna antara brand dan audiens dan mencapai tujuan pemasaran atau bisnis.
Elemen Penting Untuk Digital Activation
- Media sosial: platform media sosial yang sudah ada, seperti Facebook, Twitter (X), Instagram, dan LinkedIn bisa dimanfaatkan oleh brand untuk berinteraksi dengan audiens, menaikkan brand awareness, dan membangun komunitas.
- Konten digital: untuk menarik perhatian audiens dan memantik interaksi, brand akan membuat serta mendistribusikan konten yang relevan dan menarik, seperti artikel blog, infografis, video, dan lain-lain.
- Email marketing: sering dapat email promosi? Itu adalah salah satu bentuk kampanye para brand. Selain promosi, email marketing ini digunakan untuk berkomunikasi dengan audiens, memberikan informasi produk, dan pemberitahuan mengenai update lainnya.
- Aplikasi dan situs web: brand akan menumbuhkan situs web atau aplikasi mobil agar audiensnya lebih mudah untuk bernavigasi dan mendorong mereka untuk melakukan suatu tindakan.
- Iklan digital: agar bisa meningkatkan eksposur dan mengarahkan audiens ke situs web atau platform lain, brand akan menggunakan berbagai bentuk iklan daring, seperti iklan video, iklan display, dan iklan pencarian.
- Kampanye influencer digital: dengan berkolaborasi dengan influencer, brand bisa meningkatkan keterlibatan dan mendapatkan perhatian dari audiens.
Fungsi Digital Activation
- Brand awareness: melalui konten kreatif, kampanye khusus, dan iklan digital yang merupakan bagian dari digital activation, brand bisa “memperkenalkan diri” kepada audiens yang lebih luas.
- Consumer engagement: dengan konten yang menarik, polling, kompetisi daring, atau kampanye yang mengajak partisipasi audiens, digital activation mampu memantik ikatan emosional dan interaksi antara brand dan audiens.
- Membangun hubungan: digital activation dapat membangun hubungan dengan audiens melalui intensitas berkomunikasi dan responsif terhadap komentar-komentar audiens.
- Conversion dan sales: dengan strategi marketing yang tepat, digital activation bisa menggiring audiens potensial untuk membeli produk atau layanan.
- Optimisasi dan analisis: digital activation dapat memberikan pengetahuan mengenai perilaku audiens dan seberapa efektif kampanye yang sedang dijalankan menggunakan data yang rinci.
Contoh Digital Activation
Spotify Wrapped dan Playlist
Tiap akhir tahun, kampanye Spotify yang satu ini selalu viral. Kampanye ini memberikan berbagai informasi pada audiensnya mengenai kebiasaan mendengarkan musik mereka, mulai dari lagu-lagu hingga genre yang sering dimainkan. Tidak hanya itu, Spotify juga menyediakan playlist seperti “Your Top Songs 2024” dan “Discover Weekly” yang disesuaikan dengan kegiatan mendengarkan musik pengguna Spotify.
Augmented Reality Kitchen Planner Milik IKEA
Salah satu kendala saat membeli perabotan rumah adalah visualisasi. Melihat masalah itu, IKEA meluncurkan aplikasi Augmented Reality (AR) Kitchen Planner. Dengan aplikasi ini, pelanggan dapat memindai dapur mereka untuk melihat kecocokan perabotan yang akan dibeli dengan ukuran dan estetika dapur mereka sehingga meningkatkan kepercayaan diri pelanggan dan menaikkan penjualan.
Real Beauty Selfie Campaign Oleh Dove
Dove mengajak audiensnya untuk “mendobrak” standar kecantikan yang tidak realistis melalui kampanye #RealBeauty. Kampanye ini mendorong audiensnya untuk memposting selfie tanpa edit dan berbagi kisah di baliknya. Kampanye ini memantik pembicaraan mengenai body positivity dan membangun hubungan emosional antara Dove dengan audiens.
Itulah sekilas mengenai digital activation yang sedang ramai dilakukan oleh berbagai brand. Kamu sudah ada ide untuk digital activation brand kamu? Tenang aja SevenAds bisa bantu kamu buatin Digital Activation untuk brand kamu, yuk konsultasi dengan SevenAds melalui email [email protected] atau cek website SevenAds untuk info lebih lanjut.