Kenapa pebisnis harus punya Fanpage Facebook? Menurut laporan dari Social Media Examiner, ada sekitar 62% digital marketer mengakui kalau Facebook menjadi platform media sosial yang penting dalam penerapan strategi digital marketing.

Dari data itu bisa kita lihat bahwa sampai saat ini Facebook masih menjadi platform yang menawarkan berbagai peluang untuk meningkatkan visibilitas bisnis, membangun interaksi, bahkan menjalankan iklan yang lebih tertarget. Untuk lebih jelasnya apa saja manfaat Fanpage Facebook buat bisnis kalian, yuk baca artikel ini sampai habis!

Manfaat Punya Fanpage Facebook Bagi Pebisnis

Meningkatkan Brand Awareness

Sudah tersebar luas di internet yang membahas pentingnya peran Facebook dalam membantu meningkatkan brand awareness untuk pebisnis. Hal ini dikarenakan Facebook masih menjadi platform besar dengan jumlah pengguna aktif lebih dari 2,8 miliar per bulan.

Dengan pengguna sebanyak itu, tentu sangat sayang jika pebisnis tidak ikut memanfaatkan media sosial ini sebagai alat untuk memperkenalkan produk, brand, jasa, hingga layanan bisnis yang kalian miliki.

Apalagi jika kalian menggunakan Fanpage Facebook, bisnis kalian akan lebih memungkinkan menjangkau calon pelanggan baru yang sebelumnya tidak tahu mengenai keberadaan bisnis kalian. Hal ini dikarenakan adanya berbagai fitur yang akan mendukung kalian membangun dan meningkatkan brand awareness dengan efektif.

Memperluas Jangkauan Pemasaran

Fanpage Facebook bisa menjangkau audiens yang tersebar luas di berbagai lokasi geografis tanpa batasan. Kalian bisa mulai dengan rutin memposting konten yang berkualitas yang bisa menjawab rasa penasaran banyak orang di berbagai belahan dunia.

Konten yang bisa kalian posting di Fanpage Facebook juga sangatlah beragam, mulai dari cerita singkat yang bisa kalian tulis di dinding halaman fans, artikel di blog dengan tautan di Fanpage, video pendek, infografis, meme’s, dan banyak lainnya.

Interaksi Langsung dengan Pelanggan

Fanpage Facebook menjadi platform intuitif yang bisa membantu kalian berinteraksi langsung dengan pelanggan secara real time. Kalian bisa menjawab komentar, pertanyaan, bahkan menanggapi feedback dari pelanggan dengan cepat.

Dengan adanya fitur Community Engagement dan multi admin access di mana kalian bisa menambahkan beberapa admin sekaligus dengan peran yang berbeda untuk melayani pelanggan.

Meningkatkan Kepercayaan dan Kredibilitas

Pelanggan cenderung lebih percaya dengan bisnis yang aktif di media sosial. Misalnya dengan rutin memposting di Fanpage. Dengan memanfaatkan fitur scheduling post kalian bisa menjadwalkan postingan untuk dipublikasikan di waktu tertentu.

Lalu ada verification badge atau lencana verifikasi yang membuat bisnis kalian diakui secara resmi sebagai bisnis yang kredibel. Hal ini bisa meningkatkan kepercayaan dari pelanggan untuk berbisnis dengan kalian.

Mengumpulkan Feedback dan Mendorong Tindakan

Untuk memudahkan bisnis kalian bisa memanfaatkan fitur Call to Action Button, untuk:

Shop Now : Mengengage audiens untuk langsung melakukan pembelian dengan mengklik tombol.

Sign Up : Untuk memudahkan audiens melakukan pendaftaran atau berlangganan.

Contact Us : Memungkinkan audiens untuk menghubungi pemilik akun bisnis tersebut secara langsung dengan mudah dan cepat.

Mendapatkan Insight Real Time

Berdasarkan data dari Facebook Insights, Fanpage memiliki kemampuan untuk mendapatkan lebih dari 1.000 likes dan mengalami peningkatan interaksi hingga 47% dibandingkan dengan akun personal yang melakukan hal yang sama.

Hal ini dikarenakan tersedianya alat analitik yang menjadi fitur khusus bisnis di Fanpage Facebook. Fitur Facebook Insight ini dapat membantu kalian mengenali audiens dan memahami perilaku mereka, mulai dari demografi, waktu aktif, dan konten seperti apa yang disukai audiens.

Jika kalian ingin mendapatkan konsumen yang loyal, kalian bisa gali consumer insight dari data Facebook. Semua data insight itu nantinya akan sangat berguna untuk bisnis kalian.

Efektif untuk Iklan

Dalam Fanpage Facebook juga ada tools digital marketing yang bisa kalian gunakan untuk menjalankan digital campaign hingga iklan secara lebih efektif. Beberapa tools tersebut, antara lain Facebook Ads, dan fitur schedule post.

Kalian bisa menjalankan kampanye iklan yang ditargetkan kepada audiens yang spesifik berdasarkan demografi, minat, dan perilaku mereka. Hal ini memungkinkan kalian untuk mengoptimalkan anggaran pemasaran dan mencapai hasil yang lebih baik dari pemasangan iklan berbayar menggunakan Facebook Ads.

Meningkatkan Traffic Website

Konten yang dibagikan di Fanpage dapat mengarahkan traffic menuju ke website bisnis kalian. Caranya, kalian hanya cukup posting saja tautan ke artikel blog, halaman produk, atau penawaran khusus di Fanpage.

Mendukung Strategi SEO

Fanpage yang aktif dan teroptimasi dengan baik dapat membantu meningkatkan peringkat SEO website bisnis kalian. Alasannya karena konten yang dibagikan di Fanpage akan lebih mudah ditemukan di mesin pencarian. Hal ini akan meningkatkan visibilitas bisnis di halaman hasil pencarian, sekaligus membantu meningkatkan traffic organik ke situs web dan memperkuat visibilitas online.

Terlebih lagi, strategi seperti marketing melalui Fanpage Facebook, optimalisasi SEO, hingga penggunaan Facebook Ads biasanya menjadi bagian dari strategi media sosial marketing yang dirancang secara kesatuan dan saling mendukung.

Jika kalian masih kebingungan dan kesulitan, bisa hubungi SevenAds. Kami siap membantu. Dengan pengalaman dan keahlian kami, kami akan menciptakan kampanye yang relevan, engaging, dan mempu meningkatkan performa media sosial dan bisnis kamu di dunia digital. Yuk langsung kontak melalui email [email protected] atau cek di website SevenAds untuk informasi lebih lanjut ya!