Saat kita berada di department store, biasanya pasti kita akan mendengar musik yang dimainkan di store tersebut. Musik tersebut seringkali merupakan hits terbaru atau lagu-lagu yang sedang populer di kalangan masyarakat. Namun, tau nggak kalau musik yang diputar di department store tidak hanya untuk menghibur pelanggan, tapi juga mempengaruhi perilaku konsumen dan meningkatkan penjualan? Buat apa aja ya kira-kira? Mari kita bahas bersama!

Meningkatkan suasana hati pelanggan

Pertama, umenciptakan suasana hati yang baik bagi pelanggan. Musik yang dipilih biasanya memiliki ritme yang mengalir dengan baik dan membawa perasaan positif. Hal ini membuat pelanggan merasa lebih bahagia dan bersemangat ketika berbelanja, sehingga mereka cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di toko dan membeli lebih banyak barang.

Meningkatkan kenyamanan dan mengurangi kebosanan

Selain meningkatkan suasana hati, musik juga dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan saat berada di department store. Musik yang diputar mampu menghilangkan keheningan yang terkadang membuat pelanggan merasa tidak nyaman sehingga pelanggan merasa lebih santai dan tenang saat berbelanja.

Mempengaruhi mood dan emosi pelanggan

Penelitian di HUI Research mengatakan bahwa musik yang diputar di toko dapat meningkatkan nilai emosional dari produk yang ditawarkan. Musik yang diputar juga dapat membangkitkan emosi tertentu pada pelanggan, seperti kegembiraan, kesedihan, atau romantis. Oleh karena itu, memilih jenis musik yang tepat dapat membantu meningkatkan daya tarik produk dan meningkatkan minat pembelian dari pelanggan.

Meningkatkan brand awareness

Department store seringkali memutar musik yang berhubungan dengan merek mereka. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dari merek tersebut. Dengan memutar musik yang berkaitan dengan merek, pelanggan dapat merasa lebih terhubung dengan merek dan mengingat merek tersebut ketika mereka berbelanja di masa depan.

Meningkatkan penjualan

Musik yang memiliki tempo yang cepat dapat memacu adrenalin dan membuat pelanggan lebih terbuka terhadap pembelian impulsif. Sebaliknya, musik yang memiliki tempo yang lebih lambat dapat membuat pelanggan lebih cenderung mempertimbangkan pembelian yang lebih matang. Dengan memilih jenis musik yang tepat, department store dapat meningkatkan penjualan mereka.

Ternyata, musik yang diputar di department store atau fashion store itu punya banyak manfaat bagi toko dan pelanggan ya! Hal itu juga dapat kita sebut sebagai salah satu trik marketing loh! Jadi, siapa nih yang masuk ke fashion store selalu impulsif?