Saat ini, Digital campaign menjadi salah satu strategi pemasaran yang sangat penting bagi perusahaan. Namun, tidak semua digital campaign yang dilakukan berhasil mencapai tujuannya. Berikut adalah beberapa penyebab kegagalan digital campaign yang perlu diperhatikan:

Tidak Mengenal Client dan Target Audiens

Alasan dari tidak berhasilnya digital campaign mu yang pertama adalah karena kamu tidak mengenal client mu dengan baik. Tiap-tiap client memiliki sifat dan kesenangan masing-masing. Langkah yang harus dilakukan untuk dapat mengenal client dengan baik adalah melakukan analisis dan riset terlebih dahulu mengenai preferensinya. Misalnya, jika di Instagram kamu dapat melihat insight terkait gender, reach, dan informasi lainnya yang dapat digunakan untuk membantu menganalisis client agar campaign yang dibuat sesuai sasaran.

Selain itu, kamu dapat menggunakan tools riset yang dapat menunjukkan kebiasaan dari kelompok yang menikmati atau yang menjadi konsumen mu. Dengan hasil analisis dan data yang dimiliki tersebut maka kamu dapat menentukan bagaimana persona ataupun jenis campaign yang sesuai dengan akun client tersebut.

Tidak Memiliki Tujuan yang Jelas

Sebelum memulai digital campaign, perusahaan harus memiliki tujuan yang jelas dan spesifik. Tanpa tujuan yang jelas, digital campaign tidak akan efektif dan sulit untuk diukur keberhasilannya.

Tidak Menetapkan Kerangka Besar Strategi

Sebelum memulai campaign, perlu adanya kerangka besar strategi harus dibuat sebelum memulai digital campaign. Dengan demikian hal ini akan memudahkan flow berjalannya campaign ke arah yang tepat.

Tidak Menggunakan Data

 Dalam hal ini, data berperan sangat penting dalam digital campaign. Tanpa data, perusahaan akan kesulitan dalam menentukan strategi yang tepat dan efektif. Data dapat memanfaatkan bantuan tools dari internet misalnya seperti data yang diperlukan untuk riset kompetitor, riset campaign, dan lainnya.

Menggunakan terlalu banyak platform digital

Menggunakan terlalu banyak platform digital dapat membuat digital campaign menjadi tidak efektif. Perusahaan harus memilih platform yang tepat dan sesuai sasaran agar campaign dapat berjalan efektif.

Dalam melakukan digital campaign, perusahaan harus memperhatikan beberapa hal diatas agar digital campaign yang dilakukan berhasil mencapai tujuannya. Perusahaan juga harus terus melakukan evaluasi dan perbaikan agar digital campaign yang dilakukan semakin efektif dan berhasil.