Definisi Brand Community

Brand Community adalah sekumpulan orang yang punya ketertarikan dengan sebuah brand secara emosional dan saling berinteraksi, baik dengan satu sama lain maupun dengan brand yang bersangkutan. Biasanya, anggota komunitas ini terdiri dari pelanggan yang mengikuti konten media sosial brand dan berbagi produk atau layanan serta terhubung dengan orang lain yang juga menikmati berbagai hal tentang brand itu.

Manfaat Brand Community

  • Ningkatin brand loyalty: kalau siasat yang dilakukan tepat, Brand Community bisa bikin konsumen jadi setia sama brand karena merasa udah jadi bagian dari komunitas yang terlibat di dalamnya.
  • Bangun brand awareness: konsumen-konsumen yang terlibat dalam Brand Community nantinya cenderung berbagi konten dan berbicara tentang brand dengan orang lain.
  • Memperbaiki komunikasi: keberadaan Brand Community memberi akses secara langsung ke konsumen sehingga brand bisa belajar lebih banyak tentang target audiens dan memperbaiki cara komunikasi dengan mereka.
  • Feedback langsung: dengan adanya Brand Community, konsumen yang tergabung bisa langsung memberikan feedback, ide, dan informasi yang berharga ke pihak brand untuk pengembangan produk dan strategi marketing.
  • Ningkatin customer retention: jika Brand Community yang dibangun kuat, konsumen cenderung tetap membeli brand sehingga bisa meningkatkan customer lifetime value (CLV) dan mengurangi biaya customer acquisition.

Cara Bikin Brand Community

  • Definisikan brand: pihak brand harus tau secara mendalam tentang brand yang bersangkutan, seperti visi dan misi perusahaan, brand voice, dan personality.
  • Tetapkan tujuan dan metrik brand: pihak brand harus mulai “nabung” jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan seperti tujuan utama terbentuknya komunitas, cara menjaga keterlibatan anggota, dan tolok ukur keberhasilan komunitas.
  • Pilih platform: pihak brand bisa pilih platform apa yang akan digunakan oleh komunitas brand berkomunikasi, seperti forum, media sosial, atau pihak ketiga (Slack atau Discord).
  • Libatkan komunitas secara teratur: setelah terbentuk, pihak brand harus tetap komunikasi secara teratur dengan komunitas. Coba ajak diskusi, respons pertanyaan, dan kirim pesan langsung kepada anggota.
  • Jaga komunitas agar tetap menarik: pihak brand bisa buat kontes baru, hadiah, challenge, polling, dan promosi agar anggota komunitas merasa terhibur dan terlibat.
  • Kembangkan blog edukatif: pihak brand juga harus memberi konten edukatif untuk membantu anggota komunitas mempelajari lebih lanjut tentang brand.
  • Ukur hasil: brand harus menetapkan tujuan yang jelas dan ukur secara berkala apakah tujuan sudah tercapai.

Contoh Brand Community

  • Beauty Talk by Sephora
  • Rubi Community by Avoskin
  • Emina Girl Gang
  • Lego Ideas
  • Playstation Community

Itu dia serba-serbi tentang Brand Community. Tentu, untuk membentuk Brand Community yang baik membutuhkan effort yang nggak main-main. Kalau kamu berniat untuk membuat Brand Community, kamu pastinya perlu riset dari berbagai contoh Brand Community yang sudah ada. Kamu bisa berkonsultasi dengan SevenAds mengenai pembuatan Brand Community, mulai dari perencanaan hingga eksekusinya! Yuk langsung konsultasi melalui email [email protected] atau cek website SevenAds untuk info lebih lanjut.