Peran Penting Digital Marketing di Masa Pandemi | SevenAds

Corona Virus atau yang dikenal dengan Covid-19 ini semakin menyebar ke berbagai negara di pelosok bumi. Ini bukan hanya ancaman bagi kesehatan, tetapi juga bisa menjadi ancaman ekonomi yang lebih besar dikarenakan penutupan masal sejumlah tempat penghasil ekonomi untuk menekan jumlah penyebaran Covid-19 ini. Tidak sedikit pelaku bisnis yang terpaksa gulung tikar karena diberlakukannya lockdown, atau PSBB di Indonesia.

LockDown ataupun PSBB dinilai paling efektif untuk mengehentikan penyebaran virus namun hal ini juga menghentikan inventaris penting dan berbagai proses jual beli terutama di bidang hiburan ataupun travel.

Banyak rumah tangga dan bisnis akan segera kehabisan uang karena terus menerusnya pemberlakuakn PSBB.  Bahkan, hampir di negara-negara kaya penduduknya  tidak memiliki cadangan uang tunai. Sektor swasta di atas semua sektor korporasi non-keuangan juga telah membebani dirinya sendiri karena hutang.

Ada risiko jatuhnya permintaan dan kegiatan ekonomi yang melebihi dampak langsung dari darurat kesehatan. Maka, ini yang dinamakan masa krisis. Banyak bisnis yang hanya fokus penjualan offline kini beralih ke online namun masih awam dan bingung dalam mengoptimalisasikannya.

Sejauh ini, bisnis online tetap stabil. Bahkan, dimasa pandemic ini orang lebih suka berbelanja online daripada pergi ke toko karena lebih praktis, banyak pilihan, hemat energi dan waktu serta terhindar dari kontak fisik dengan orang lain.

Terutama, di tengah wabah Covid-19 (Corona Virus) ini yang membuat banyak orang mengurangi aktivitas di luar rumah. Oleh karena itu mengambil peluang bisnis online di tengah-tengah wabah Covid-19 (Corona Virus) ini.

Tetapi menjual secara online membutuhkan promosi karena produk mereka dapat diketahui dan dibeli jika merek mereka diketahui atau brand awareness. Oleh karena itu, digital marketing menjadi peran penting untuk strategi yang sangat efektif dalam membangun kesadaran produk (brand awareness), memperluas akses pasar dan memperluas konsumen serta menjangkau audiens/target market yang dituju.

Ada dua strategi digital marketing, yaitu organik atau tidak berbayar dan non-organik atau berbayar. Contoh digital marketing organik, dapat dilakukan dengan membuat konten produk gratis di berbagai blog atau situs web dan juga platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya atau yang sering para pebisnis lakukan yaitu memposting konten-konten yang menarik di akun sosial medianya.

Sedangkan digital marketing non-organik adalah menempatkan iklan berbayar untuk meningkatkan produk dengan cara beriklan di Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, YouTube Ads dan melalui endorse influencer atau promosi berbayar.  Cara ini, adalah cara termudah untuk mengait audiens serta memperluas target market yang dituju untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Namun, baik organik maupun non-organik, membutuhkan kemampuan copywriting yang baik. Dalam bahasa pemasaran, salah satu contoh copywriting dapat dengan cepat menarik perhatian konsumen serta efektif. Copywriting harus memahami target market, tujuan, channel yang digunakan, hasil yang diharapkan, dan solusi yang diberikan harus tepat sasaran.

Lebih baik jika Anda dapat memaksimalkan promosi bisnis dengan kombinasi strategi digital marketing organik dan non-organik. Itulah sebabnya produk ini lebih dikenal dan dipercaya oleh orang yang lebih luas. Contohnya: Anda tetap membuat konten untuk feeds, namun anda juga melalukan iklan berbayar disejumlah platform untuk menunjang efektivitas dan mendorong tingkat penjualan.

Strategi Digital Marketing di Masa Pandemi

1. Analisis Data secara Real Time

Selama masa-masa yang tidak pasti seperti ini, analisis data adalah alat yang sempurna untuk mendeteksi dinamika bisnis baru yang disebabkan oleh situasi ini. Oleh karena itu, penting untuk mengeksplorasi apa yang terjadi di dalam dan di luar perusahaan dengan bantuan dashboard monitor yang diperbarui setiap hari.

Disarankan untuk menetapkan acuan yang tepat untuk memantau bagaimana pesaing berkembang dan bagaimana krisis mempengaruhi posisi merek dalam sektornya. Informasi ini akan membantu membangun strategi baru, mempersiapkan dan merespon tantangan yang akan muncul.

2.Analisis perilaku pengguna

Dikarenakan wabah ini, banyak perilaku pengguna yang berubah dari konsumtif menjadi hemat dan memenuhi kebutuhan yang penting saja. Untuk itu, hal ini menjadi tantangan bagi para marketer untuk menganalisis kebiasaan dan perilaku baru para konsumen agar dapat menyesuaikan campaign/produk dengan perilaku/kebiasaan para konsumen.

3.Konten/campaign disesuaikan dengan Kondisi Terkini

Konten bermanfaat untuk mendekatkan merek dengan para target market agar dinilai memiliki value yang sama, menjalin keterikatan dan kesamaan. Penting bagi para pebisnis untuk menunjukkan empati melalui konten yang disajikan agar konsumen merasa dihargai dan didukung yang kemudian akan menciptakan keselarasan dan keterikatan antara merek dan audiens.

4.Memprioritaskan lini produk dan penyesuaian e-commerce

Seperti yang ditunjukkan dalam analisis platform e-commerce Stackline, COVID-19 telah mendorong permintaan di sektor-sektor tertentu dengan cara yang sangat selektif. Akibatnya, mulai sekarang, strategi pemasaran harus dibangun di atas lini produk.

5. Memperkuat strategi selama fase new normal

Dikarenakan terlalu lama pemberlakuan PSBB maka Strategi Digital marketing harus disesuaikan dengan banyak faktor yang berperan yang harus kita pertimbangkan: salah satunya memperbarui informasi bisnis, rencana komunikasi tentang tindakan higienis dan keselamatan, meningkatkan penggunaan sosial media dengan efektif, mendistribusikan anggaran investasi sesuai dengan lokasi mereka dan merencanakan campaign efektif.

Kesimpulannya, di masa Pandemi ini yang belum diketahui sampai kapan akan berakhir menjadi kesempatan emas bagi para pebisnis yang hanya fokus pada penjualan offline untuk mulai terjun ke digital marketing agar bisnis tetap bertahan bahkan mendorong angka penjualan semakin tinggi.

Jika anda kesulitan memulai promosi online, SevenAds dapat membantu anda dengan berbagai service seperti digital Marketing, Influencer, dan Social Media Management untuk membantu mengoptimalisasikan bisnis anda di dunia digital.

%d bloggers like this: