Penggunaan Warna dalam Marketing Branding | SevenAds

Apakah kalian tahu, bahwa warna yang biasanya kalian lihat di sebuah logo, pakaian atau gadget, semua memiliki alasan tersendirinya. Bukan hanya untuk mempercantik, tetapi ternyata ada strategi marketing branding di balik penggunaan warna. 

Hampir 90% informasi yang otak kita serap berjenis visual, dan kemampuan memproses informasi visual 60.000 kali lebih cepat dibandingkan tulisan teks. Oleh karena itu banyak brand, ataupun perusahaan-perusahaan sangat memperhatikan desain serta penggunaan warna. 

Memilih Warna yang Tepat

Setiap warna memiliki ciri khas dan karakteristik masing-masing, misalkan merah melambangkan keberanian, di mana warna kuning melambangkan kesenangan. Biasanya ini datang dari perspektif masing-masing orang yang dipengaruhi oleh pengalaman pribadi. 

Menurut sebuah studi berjudul “Impacts of color on marketing”, kebanyakan konsumen dapat menilai sebuah produk berdasarkan warna saja. Karena ketika melihat sebuah produk, yang paling dapat membuat first impression adalah dari warnanya. Tetapi perlu diingat, bahwa branding dan warna produk harus saling mendukung satu sama lain atau sesuai dengan konteks.

Perbedaan Trend Warna untuk Pria dan Wanita

Ada perbedaan warna trend yang digemari pria dan wanita. Warna pria identik dengan warna yang “macho” dan warna wanita identik dengan warna yang “cantik”. Pembagian seperti ini tentu akan mempengaruhi pemilihan warna produk yang akan digunakan perusahaan.

Menurut riset, pria lebih menyukai warna yang berani sedangkan wanita lebih menyukai warna yang lebih lembut. Dari riset ini dapat terlihat di produk-produk branding pria dan wanita sangat berbeda, seperti iklan parfum untuk pria dan wanita. Iklan untuk konsumen pria pastinya lebih menggunakan unsur warna gelap dan membara, sedangkan untuk wanita pastinya lebih menggunakan unsur warna yang soft dan vibrant.

Tetapi kembali lagi, warna adalah pilihan personal dan semua orang memiliki preferensinya masing-masing. Jadi pastikan warna yang kalian pakai sesuai dengan target market yang ingin kalian tuju!

Untuk Anda yang ingin meningkatkan marketing branding brand Anda silahkan konsultasikan kepada kami disiniSevenAds adalah digital agency yang bergerak dibidang digital dengan tiga services yang ditawarkan yaitu social media marketing, influencer marketing, dan digital marketing

%d bloggers like this: