Brand Positioning dan Influencer Marketing | SevenAds

Media marketing memang semakin berkembang mengingat zaman digital yang semakin canggih. Banyak cara teknik marketing yang sangat membantu untuk bisnis Anda. Salah satunya Anda bisa mempelajari teknik marketing dari Sevenads.

Dalam dunia bisnis, brand memang sangat berpengaruh terhadap kualitas dan juga harga produk. Lalu sebenarnya apa yang membuat brand tersebut laku keras meski harganya cukup mahal?

Dalam hal ini Anda perlu memahami brand positioning dan influencer marketing. Untuk itu, simaklah penjelasan berikut ini

1. Pahami Keunggulan Produk

dictio.id

Jika Anda seorang pembisnis, Anda harus memahami dan mengetahui akan keseluruhan review produk.

Maksudnya, untuk produk yang Anda jual harus memiliki keunggulan, keunikan, serta ciri  khas yang berbeda dengan produk lain.

Dengan mengetahui keunggulan dan keunikan produk yang dijual dapat memberikan kemantapan kepercayaan terhadap konsumen bahwa produk ini adalah produk yang layak untuk dibeli.

Dari point utama ini, jika Anda sudah menguasainnya maka akan dengan mudah dalam hal memperbesar nama brand dan juga menjalin kerjasama dengan influencer ternama.

Perlu diketahui bahwa influencer marketing adalah salah satu teknik promosi (marketing) yang sangat efektif dan juga sangat berdampak positif untuk bisnis Anda

2. Pahami Influencer Marketing

adleaks.com

Berkaitan dengan pembahasan pertama yaitu keunggulan produk, kini Anda harus memahami apa itu influencer marketing.

Influencer marketing adalah sebuah teknik promosi yang di dalamnya melibatkan influencer terpercaya dengan tujuan untuk mempromosikan produk yang Anda jalankan.

Influencer yang terpercaya dan terkenal akan membantu Anda dalam mempromosikan produk yang Anda jual. Influencer marketing memanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk promosi.

Media sosial yang dimaksud seperti instagram, youtube, facebook, dan lain sebagainya. Selebgram, youtuber dan lainnya dapat dikatakan sebagai influencer di mana pengaruhnya sangat diperhatikan oleh para followersnya.

Influencer sangat menarik perhatian netizen. Influencer mempunyai banyak fans atau penggemar sehingga kehidupannya selalu terpantau oleh mereka.

Bagaimana ia mengenakan pakaian dengan fashion yang baik, pendidikan yang mereka jalani, hingga hal-hal kecil yang influencer tersebut jalankan semuanya mereka ikuti.

Tidak jarang nama produk di pasaran menggunakan nama dari influencer. Seperti celana ini baju itu dan masih banyak lagi. Padahal, produk tersebut bukan influencer tersebut yang membuat.

Melainkan influencer tersebut sempat mengenakan produk tersebut dan menguploadnya di media sosial mereka. Sehingga, banyak orang mengetahui dan menginginkan produk tersebut.

3.Pahami Pihak Influencer

forbes.com

Hal ketiga yang Anda harus pahami adalah pihak influencer. Memahami pihak influencer dalam artian mengetahui influencer tersebut memiliki background seperti apa.

Dan review produk Anda nanti akan seperti apa. Hal ini harus terkait untuk linearnya sebuah promosi. Terdapat influencer yang digemari para remaja namun tidak untuk kalangan dewasa.

Ada juga konten yang lebih ke pengajaran anak kecil dan remaja tidak terlalu menyukainnya. Semuanya harus Anda pertimbangkan apakah cocok antara produk dan infuencer yang akan Anda ajak bekerja sama.

Ketika Anda sudah menemukan influencer yang cocok dengan produk bisnis Anda, mulailah bekerja sama dengannya.

Mulai bicarakan bagaimana konten yang akan dibuat dan seberapa lama waktu kerja sama akan berlangsung. Fee untuk influencer juga sangat perlu untuk diperhitungkan karena mengingat bisnis bertujuan untuk mencari keuntungan.

Setelah semua dapat dikendalikan, bersiaplah untuk melayani konsumen yang akan datang. Siapkan admin yang baik dan cepat untuk membalas pesan dan juga perhitungkan bagaimana bisa menjalankan sistem pengiriman dengan lancar dan tanpa kendali.

Setelah influencer mengupload tentang promosi produk Anda secara tidak langsung akan ada beberapa orang yang pasti akan menghubungi pihak Anda.

Baik untuk bertanya akan produk yang Anda jual dan sampai titik ia akan membelinya. Dari jalan influencer marketing memungkinkan untuk terangkatnya nama brand yang Anda jual.

4. Memperhitungkan Ketertarikan Konsumen

medium.com

Dalam sebuah konsep sebuah produk dikenal STP yaitu Segmen, Target, dan Positioning. Anda sebagai pembisnis harus mengetahi secara psikologis dan demografis seorang konsumen.

Pemikiran seseorang berbeda-beda dan menginginkan hal yang berbeda. Tingkat keinginan terhadap suatu produk juga berbeda.

Usia, jenis kelamin, dan juga tempat tinggal sangat berpengaruh terhadap apa yang dibeli dan dikonsumsi. Misalnya untuk remaja mereka sangat terpengaruh dengan produk keren dan juga ter uptodate.

Untuk itu produk Anda harus sesuai dan tepat sasaran konsumen. Dengan mempertimbangkan keterkaitan konsumen akan lebih membawa keuntungan untuk bisnis Anda karena konsumen akan merasa bahwa produk ini sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

5. Menggunakan Tools

blog.jejualan.com

Untuk menemukan sasaran yang tepat maka Anda dapat menggunakan tools. Fitur ini membantu Anda dalam mencari pelanggan.

Anda bisa mengetik apa yang dicari atau bisa juga menggunakan tagar ataupun username yang akan di identifikasi. Dari tanda tagar Anda dapat mengetahui jumlah like dalam akun yang terkenal hingga postingan yang memiliki jumlah like yang paling sedikit.

Dari sini Anda bisa memantau bagaimana cara postingan tersebut bisa tinggi karena banyaknya like. Mungkin karena postingan dengan gambar atau video yang menarik atau dengan caption yang mencuri perhatian konsumen.

Hal diatas adalah pembahasan mengenai apa saja yang harus Anda pahami tentang brand positioning dan influencer marketing yang ada di Se7enads.

Keduanya sangat berperan dalam bidang marketing bisnis yang akan Anda jalankan. Dengan memahami beberapa point yang dijelaskan di atas, akan memungkinkan bisnis Anda akan berhasil jika Anda terapkan dengan maksimal.

Pihak influencer juga harus tepat dan cocok dalam hal mempromosikan produk Anda. Dengan begitu, brand positioning akan terlihat dan bisnis Anda akan berkembang pesat.

%d bloggers like this: