Optimalkan penggunaan Google Analytics dengan langkah berikut | SevenAds

Google analytics merupakan tools gratis untuk menampilkan laporan akan suatu website dalam bentuk statistik. Alat ini mampu mengetahui serta memberikan informasi mengenai lalu lintas pada suatu website, demografi pengunjung, perangkat yang digunakan, postingan yang paling sering diakses, dan banyak lagi lainnya.

Sumber : Google

Tetapi sayangnya banyak pemilik website ataupun praktisi yang tidak memanfaatkan fitur gratis dari Google tersebut, padahal tools ini dapat sangat membantu dalam meningkatkan kualitas website, terlebih lagi jika website digunakan untuk hal bisnis ataupun keperluan perusahaan.

Langkah-langkah efektif dalam menggunakan Google Analytics:

1. Data berupa Metrik dan Dimensi

Sumber : Google

Untuk mengerti cara menggunakan google analytics, kalian perlu mengetahui terlebih dahulu jenis data yang ditampilkan. Jenis data yang ditampilkan terbagi menjadi 2, Metrik dan Dimensi.

Metrik merupakan data berupa pengukuran kuantitatif, seperti contohnya jumlah pengunjung, jumlah rata-rata halaman yang dilihat, dan hasil kuantitatif lainnya.

Dimensi sendiri adalah jenis data yang menggambarkan karakteristik dari pengunjung serta tindakan yang mereka lakukan, contohnya yaitu lokasi, sumber, dan judul yang dipakai untuk mencari.

2. Memahami istilah dalam Google Analytics

Dalam penggunaan Google Analytics terdapat beberapa istilah yang perlu kalian ketahui.

Sumber : Google

Pertama, User atau pengunjung yang dipakai untuk mengukur jumlah pengunjung website anda. Data biasanya disajikan dalam bentuk metriks.

Kedua, Session atau kunjungan, yaitu merupakan jumlah aktivitas secara berturut-turut yang dilakukan oleh pengunjung.

Ketiga, Page view metric yang merupakan banyak halaman yang dibuka oleh para pengunjung.

Keempat, bounce rate yang berarti pentalan pengunjung.

3. Membuat Time Line

Sumber : Google

Google Analytics memiliki fitur yang memungkinkan pengguna website untuk menetapkan rentang waktu untuk melihat hasil laporan mengenai aktivitas yang terjadi di website. Cara mengaturnya yaitu dengan mengklik rentang tanggal yang tersedia di kanan atas layar saat membuka Google Analytics.

4. Melihat lokasi geografis pengunjung

Fitur ini memungkinkan kita mengetahui daerah asal dari pengunjung website kita. Data yang ditampilkan bisa berupa benua, sub-benua, negara, provinsi, hingga tingkat kota.

Sumber : Google

Misalnya website anda lebih banyak dikunjungi oleh kota B, maka kalian perlu lebih menyesuaikan website kalian dengan karakteristik dari kota B tersebut. Mulai dari kepercayaan, kebudayaan, ataupun tren yang sedang berkembang di kota tersebut.

5. Melihat perilaku pengunjung

Perilaku pengunjung ini dapat dilihat pada kolom Behaviour di Google Analytics, setelah mengklik tab analytics, lanjut dengan memilih Overview, di sana akan ditunjukkan bagaimana tingkat kunjungan pada setiap halaman website anda.

Sumber : Google

Pola perilaku pengunjung ini bisa sangat bermanfaat bagi content development, karena dalam pembuatan konten untuk website bisa lebih disesuaikan dengan perilaku pengunjung, sehingga tidak perlu membuat konten yang tidak jelas tujuannya dan tidak berkaitan dengan pengunjung yang sering mengunjungi website.

Nah, itu dia kira-kira yang bisa kami bagikan kepada kalian agar dapat lebih memahami cara penggunaan yang optimal pada tools Google Analytics. Kalian masih bingung dalam mengoptimalkan website ataupun dalam hal digital marketing? Klik disini untuk lebih lengkapnya.

%d bloggers like this: