Meningkatkan Engagement Instagram dengan Mengadakan Giveaway | SevenAds

Salah satu strategi pemasaran dalam sosial media marketing khususnya Instagram adalah menaikkan engagement. Berdasarkan algoritma terbaru Instagram, tingginya engagement pada suatu postingan, dapat memungkinkan untuk menjangkau banyak orang. 

Contohnya, konten yang memperoleh like dan komentar yang banyak, memiliki potensi untuk dilihat banyak orang. Suatu konten tanpa like dan komentar, hanya dapat menjangkau 3% pengguna Instagram. Ini berarti,  97% audiens tidak terjangkau.

Salah satu cara untuk meningkatkan engagement instagram yang kini banyak dilakukan adalah dengan mengadakan giveaway dan promo. Mari kita lihat seberapa efektif pengadaan giveaway untuk meningkatkan engagement di instagram.

Giveaway dapat Membangun dan Meningkatkan Interaksi dengan Followers

Dengan mengadakan giveaway, kamu dapat mengajak followers instagram mu untuk berinteraksi baik antara kamu dengan followers mu maupun antara follower satu dengan follower lain. Hal ini akan menambah like dan komentar di akun Instagram mu. 

Giveaway Berpotensi Meningkatkan Pembeli

Sumber dari Google Primer menunjukkan, bahwa 75% peserta giveaway, di kemudian hari  mereka berpeluang menjadi pembeli. Ini menandakan bahwa giveaway tidak hanya sekedar trik untuk menambahkan engagement melainkan sebagai strategi sosial media marketing yang cukup baik.

Ada 2 jenis giveaway yang dikenal secara umum, diantaranya:

1. Kompetisi

Giveaway ini biasanya diadakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan suatu produk. Contohnya, kamu baru meluncurkan produk kosmetik lokal di Instagram. kamu bisa membuat sebuah kompetisi dan meminta partisan membuat konten di instagram mereka dengan mengunggah gambar produk kosmetik lokal yang baru kamu luncurkan.

2. Undian 

Undian merupakan giveaway yang sangat mudah untuk dilakukan. Giveaway ini sangat cocok untuk meningkatkan jumlah follower, like, dan komentar. Kamu bisa meminta partisan yang ingin terlibat untuk like, tag teman, dan follow Instagram kamu.

Contohnya, kamu bisa membuat sebuah giveaway undian dengan hadiah yang menarik seperti produk unggulan mu. Sebaiknya, sediakan hadiah untuk diberikan kepada beberapa peserta. Pilih hadiah yang menarik dan banyak dibutuhkan. Pemenang bisa kamu tentukan sendiri sesuai aturan pengundian yang dibuat.

Giveaway memang menjadi hal yang potensial untuk menaikkan engagement instagram. Kamu bisa membuat pesyaratan giveaway yang mudah agar banyak yang berpartisipasi. Jangan lupa memasukkan unsur promosi di dalam nya agar tujuan mu membuat giveaway tetap tersampaikan yaitu supaya produk dan usaha mu dikenal banyak orang dan mendatangkan banyak pembeli.

%d bloggers like this: