Mengintip 5 Strategi Dibalik Kesuksesan Apple | SevenAds

Siapa yang tidak tahu perusahaan apple? Perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1976 ini sudah sangat tidak asing di kalangan masyarakat dunia dengan segala kecanggihannya atau bahkan harganya yang terhitung sangat mewah.

Dari awal perjalanan sejak berdirinya, Apple telah melalui banyak rintangan dan tantangan berbisnis hingga bisa meraih kesuksesan seperti sekarang ini, dan tentunya itu dipengaruhi oleh strategi bisnis dan marketing yang sangat diperhitungkan dengan matang.

Planning Your Marketing Strategy and Tactics | build/create ...

Berikut pembahasan mengenai 5 strategi penting yang dijalankan oleh perusahaan Apple untuk menarik hati paa konsumen dan mempertahankan pamornya di dunia teknologi jaman sekarang.

5 Strategi dibalik kesuksesan Apple

1. Kualitas Produk lebih utama dibandingkan dengan harga

Apple Luncurkan MacBook Pro 16 Inci Halaman all - Kompas.com

Apple tidak pernah terjebak dalam persaingan harga, perusahaan ini selalu mempunyai cara sendiri untuk menentukan harga setiap produknya. Mereka lebih berfokus untuk mengembangkan nilai kualitas produknya daripada harus menghabiskan waktu dalam persaingan harga suatu produk. Nilai kualitas produk tersebutlah yang menjadi kekuatan jika dibandingkan dengan kompetitor lain. Anda dapat melihat sendiri bagaimana produk Apple memiliki desain yang unik, cantik dan menarik.

2. Selalu melakukan inovasi

iPhone 12 Pro: Some Interesting Secret Design, Biggest Clues

Kunci dari semua yang dilakukan Apple adalah inovasi, inovasi inilah yang membuat Apple mampu bertahan dalam kondisi persaingan yang luar biasa ketat. Apple tidak pernah berhenti untuk selalu berinovasi. Apple terus meluncurkan produk-produk inovatif terbarunya. Inovasi inilah yang telah membuat perusahaan raksasa teknologi ini selalu berada di baris terdepan dari kompetitor lainnya. Contoh inovasi yang dilakukan Apple yaitu pada produk iPhone. Produk iPhone terus berinovasi dari generasi ke generasi. Belakangan ini, iPhone menjadi smartphone yang pertama kali memiliki desain poni lebar di layar depannya.

3. Branding yang Baik

Dengan logo serta nama perusahaan yang mudah diingat, Apple menanamkan ide bahwa barang-barang produksinya merupakan teknologi canggih dan mudah digunakan atau dapat dikatakan user friendly. Kebalikan dari pemahaman umum bahwa semakin canggih suatu alat, maka semakin rumit pengoperasiannya. Dengan begitu, terbukti bahwa Apple memang memiliki strategi branding yang baik dengan selalu berkomitmen untuk menciptakan solusi pada setiap permasalahan yang dimiliki oleh target pasarnya.

Branding overview | Marketing Donut

Selain itu, Apple juga melakukan uji coba gratis pada setiap produknya. Setelah pelanggan menggunakan produk, mintalah testimonial atau ulasan terhadap produk. Semakin banyak ulasan positif, semakin terbukti bahwa produk Anda memang yang terbaik. Jangan lupa juga gunakan kata-kata dalam branding yang mudah dimengerti oleh target pasar Anda. Gunakanlah kata yang sederhana seperti “Think Different”, hanya dua kata tetapi sudah menggambarkan produk Apple. Anda harus dapat berteknologi tanpa harus menggunakan istilah tinggi.

4. Mendengar Masukan dari Konsumen

Students discover how consumer insights build effective brands ...

Dengan hadirnya media sosial, pelanggan memiliki banyak cara untuk mengekspresikan opini mereka untuk produk-produk suatu perusahaan. Apple menyadari pentingnya hal itu dengan mengarahkan pengembangan produk sesuai dengan keinginan pelanggan. Apple juga selalu update dan menjaga komunikasi dengan para pengguna produknya. Setiap meluncurkan produk terbarunya maka akan diadakan seminar dan gathering untuk para pelanggannya. Dengan begitu, terbukti bahwa Apple memang mengenal setiap pelanggannya dengan baik.

5. Membangun Sebuah Pengalaman

Semua orang dapat membuat produk tetapi tidak semuanya mampu menciptakan sebuah pengalaman bagi penggunanya. Pengalaman tersebut mampu diingat dan membuat mereka dengan rela kembali pada bisnis Anda lagi. Dalam hal ini, Apple benar-benar menerapkan hal tersebut dengan sempurna.

5 Crucial Questions to Ask When Creating a Customer Experience

Pengalaman merupakan senjata ampuh jika ingin produk Anda unggul diantara produk-produk yang lain. Ketika terdapat 1 pengguna yang mengalami pengalaman baik dengan produk Anda, maka Ia akan menyebarkannya dengan sukarela dan menjadi ‘marketing gratis’ untuk Anda.

Ingin membangun bisnis yang sukses seperti Apple? Semua tidak ada yang instant, semua pasti butuh persiapan yang matang dan usaha yang keras, salah satunya yaiut memperhatikan strategi marketing yang sesuai dengan bisnis kalian. Memiliki pertanyaan soal strategi marketing yang tepat di jaman digital ini? Konsultasikan dengan kami melalui klik disini

%d bloggers like this: