Mengenal Webinar | SevenAds

Webinar adalah seminar yang dilakukan melalui situs web atau aplikasi berbasis internet. Teknik seminar ini memungkinkan pembicara membagikan materi melalui media elektronik maupun internet.

Topik pembicaraannya pun beragam mulai dari beautytalk, marketing, digital marketing, bisnis, dan lain-lain. Banyak pebisnis yang memanfaatkan webinar untuk menyebarkan informasi yang mereka ketahui sembari mempromosikan jasa/produk mereka.

Webinar sendiri memiliki banyak sekali keuntungan untuk para peserta salah satunya menambah ilmu dan menjadi cara yang tepat untuk kamu mulai menggali informasi yang kamu butuhkan. Tidak usah takut untuk keluar uang karena banyak webinar yang di selenggarakan secara gratis.

Sedangkan bagi para marketer, Webinar dapat menjadi lading yang tepat untuk kamu mempromosikan produk tertentu, menunjukan keunggulan atau keahlian brand yang kamu miliki, membangun brand-trust, serta menggumpulkan feedback dari audiens atau peserta yang mengikuti webinar kamu. Kamu dapat memberikan tips&trick, membagi pengetahuan yang kamu miliki, colabs dengan talent lain, dan memberikan pengetahuan yang masih sangat jarang dibagikan.

Kemas seminar dengan menarik dan enak didengar sehingga audiens tetap bersemangat dan mengerti apa yang ingin kamu sampaikan. Pastinya jangan melakukan hard selling ya!

Langkah-Langkah Mengadakan Webinar

Tanpa harus bertatap muka, kamu bisa mengadakan suatu seminar yang bisa saja dihadiri oleh lebih dari jumlah target seminar yang kamu perkirakan. Namun, kamu harus bisa memperkirakan bagaimana caranya agar kamu bisa menyusun suatu webinar yang berhasil menarik target sasaran. Nahh, ini langkah-langkah yang dapat kamu terapkan sebelum mengelar webinar!

1. Tentukan topik dan tujuan

Tentukan topik yang akan kamu bawakan, sebisa mungkin carilah webinar yang memiliki topik serupa yang ingin Anda angkat. Setelah itu jangan lupa menentukan siapa target audiens yang ikut kamu sasar sehingga webinar yang kamu selenggarakan tepat sasaran.

2. Buat tim untuk mempersiapkan webinar

Buat tim untuk mempersiapkan webinar yang akan kamu selenggarakan, semuanya harus “well prepared” karena webinar tidak boleh dilakukan asal-asalan tetapi harus memikirkan resiko yang terjadi apabila persiapan kurang matang dan tidak tepat sasaran.

3. Tentukan format acara

Beberapa format acara yang dapat kamu terapkan yaitu pembicara tunggal, interaktif, diskusi panel ataupun wawancara. Pertimbangkan format acara yang cocok dengan webinar yang kamu selenggarakan.

4. Persiapkan materi

Hal terpenting yang tidak boleh kamu lewatkan adalah mempersiapkan materi berupa slideshow, ataupun hal-hal lainnya yang mendukung webinar kamu.

5. Pilih software untuk webinar

Tentukan media yang akan kamu gunakan untuk menyelangarkan webinar-mu, untuk media-media yang dapat kamu gunakan akan kami bahas setelah ini.

6. Buat halaman pendaftaran

Kalau ingin sederhana saja, Anda bisa membuat google form. Cara ini lebih praktis dan menghemat waktu.

7. Promosikan webinar

Jangan lupa promosikan webinarmu melalui instagram atau media sosial lainnya agar banyak audiens yang mengikuti webinar kamu

­Lalu media apa saja yang dapat kamu gunakan untuk mengadakan webinar?

Media Webinar

1. Zoom

2. YouTube Live

3. Facebook atau Instagram Live

4. GoToWebinar

5. WebinarJam

6. WebinarNinja

Nah itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan webinar dan mengetahui lebih lanjut apa kah itu webinar. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar promosi untuk memaksimalkan bisnismu silahkan hubungi kami disini, kami akan senang hati membantu anda.

Selamat mencoba~

%d bloggers like this: