Mengenal Perbedaan Rencana Marketing Dengan Strategi Marketing? | SevenAds

Pada sebagian besar orang yang terlibat dalam bisnis pasti sudah tidak asing lagi dengan kedua istilah ini, yaitu marketing strategy dan marketing plan. 2 hal yang sering dipikirkan banyak orang memiliki arti yang sama. Namun, pada dasarnya kedua hal tersebut adalah hal yang berbeda sekalipun memiliki keterikatan satu sama lain.

Sebelum kita mengetahui lebih lanjut tentang Perbedaan antara marketing plan vs marketing strategy alangkah lebih baiknya kita mengetahui lebih dalam arti dari kedua istilah tersebut. mari kita lihat ulasannya :

Marketing Strategy

How To Craft The Ideal Marketing Strategy For Your App In 2019 ...

Marketing strategy atau bisa juga disebut strategi pemasaran merupakan penjelasan dari sasaran yang dibutuhkan untuk mencapai apa yang sudah menjadi target yang disepakati dalam aspek pemasaran. Sederhananya marketing strategy ada untuk menjawab pertanyaan “apa yang ingin kita capai?”. Biasanya marketing strategy adalah penjabaran teknis dari sebuah business goal.

Marketing Plan

Marketing Sales Planning | Pusat Pendidikan & Pelatihan SDM

Marketing plan (rencana pemasaran) sendiri memiliki arti cara bagaimana Anda mencapai sasaran pemasaran. Hal tersebut adalah penerapan strategi Anda dalam bentuk roadmap yang bisa dijadikan acauan dalam pembuatan rencana berjenjang. Marketing plan ada untuk menjawab pertanyaan “bagaimana mencapai tujuan pemasaran bisnis kita?”.

Apa Perbedaan Antara Rencana Pemasaran dan Strategi Pemasaran?

Marketing Strategy (Strategi Pemasaran): Dibentuk oleh strategi bisnis, strategi pemasaran tidak terlepas dari menjelaskan masalah dan bagaimana Anda akan mengatasinya. Upaya dalam pemasaran dapat dilihat akan membantu mencapai misi dan sasaran strategis perusahaan. Setelah Anda memiliki strategi dalam pemasaran, barulah Anda akan dapat mengembangkan rencana dari pemasaran yang efektif.

Marketing Plan (Rencana Pemasaran): rencana pemasaran Anda adalah eksekusi guna membantu mencapai tujuan pemasaran Anda. Rencana harus mencakup kampanye yang terperinci tentang apa yang akan dilakukan, di mana Anda akan melakukannya, berapa biayanya, bagaimana dan kapan Anda akan menerapkannya, dan bagaimana Anda akan melacak kesuksesan.

Komponen yang Ada Dalam Marketing Strategy

Communication and Promotion

Akan menguraikan mengenai apa saja pola komunikasi ke pasar sasaran yang akan digunakan, baik komunikasi ke konsumen atau end user maupun komunikasi ke pedagang perantara.

Selain pola komunikasi, pada sesi ini juga di uraikan dengan spesifik apa bentuk promosi yang digunakan baik ke konsumen maupun ke pelanggan.

Market Analysis

Analisa pasar akan banyak menguraikan secara spesifik mengenai opportunity, market sizing, market segment, trend market, seasonal market dan lainnya.

Segment and Target Market

Analisa segmen pasar dan pasar sasaran akan menjelaskan mengenai bagaimana pasar dibagi dan dikelompokan serta menetapkan target marketnya, kemudian memilih satu atau lebih segment dan target market tersebut untuk dilayani.

Customer and Consumer Analysis

Pada analisa konsumen dan pelanggan ini, menguraikan mengenai apa yang bisa ditawarkan ke pasar, apa saja keunggulan kompetitif produk atau layanan jasa kita, apa saja perbedaan yang kita miliki, dan apa saja benefit yang bisa diambil oleh konsumen dan pelanggan.

Selain itu juga akan diuraikan mengenai apa yang dibutuhkan pasar, apa yang diinginkan pasar, apa yang diharapkan pasar (konsumen dan pelanggan), sebagai dasar untuk menciptakan dan mendeliver keunngulan kompetitif dan perbedaan produk atau jasa.

Komponen yang Ada Dalam Marketing Plan

SWOT Analysis

Bagian analisa SWOT akan menguraikan apa saja kelebihan dan kelemahan yang dimiliki merek produk atau layanan dan perusahaan. Kemudian apa saja kesempatan dan peluang yang dimiliki merek produk dan layanan serta perusahaan, juga ancaman yang bisa terjadi serta seberapa tinggi ancaman dan kesempatan tersebut.

Goals

Di bagian ini harus diuraikan dengan jelas dan spesifik mengenai goal yang hendak dicapai, yang meliputi financal goals dan marketing goals.

Environmental Analysis

Section ini akan menguraikan mengenai marketing environment analysis yang meliputi analisa lingkungan ekonomi, analisa lingkungan politik, legal dan regulasi, teknologi, serta sosial budaya yang bisa mempengaruhi kondisi pasar dan strategi pemasaran yang hendak diambil.

Jika Anda masih Bingung mengenai hal ini dan masih belum mengerti lebih lanjut tentang perbedaan antara kedua istilah ini guna mengembangkan dalam bisnis anda. kami hadir untuk membantu anda dalam membuka peluang yang ada.

%d bloggers like this: